IGRA Kota Surakarta laksanakan Musyda

Musyawarah Daerah PD IGRA Kota Surakarta dilaksanakan di Aula Kankemenag Kota Surakarta (29/01). Kegiatan diikuti kurang lebih 50 Pengurus IGRA dan dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kota Surakarta, Kasi Penmad, Pengawas Madrasah dan Pimpinan Wilayah IGRA Prov Jawa Tengah. Perwakilan PW IGRA, Dyah Kumalasari dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan dengan tema “Menuju IGRA Berkualitas” memiliki beberapa tujuan. “Musda ini diharapkan bisa bersinergi terhadap kinerja Kementerian Agama untuk memajukan IGRA Kota Surakarta,”ujarnya. Ia juga berharap IGRA bisa mengembangkan program dan terus berkembang. Musyda memiliki agenda pemilihan pengurus PD IGRA Kota Surakarta, agar menumbuhkan kader-kader baru dalam pengembangan organisasi. “Organisasi diibaratkan seperti keluarga, yang mempunyai bermacam karakter pada personilnya kemudian bagaimana kita bisa menyatukan karakter tersebut,”jelasnya.

Kepala Kantor, Hidayat Maskur juga menyampaikan motivasi pada seluruh peserta. Ia menjelaskan bahwa IGRA memiliki beberapa fungsi. “Yang pertama IGRA memiliki fungsi organisasi sebagai wadah yang bertujuan menciptakan sinergi yang positif bagi organisasi tersebut,”jelasnya. Beliau mencontohkan seperti adanya sahabat madrasah yang merupakan terapan yang bisa diadopsi oleh RA. Selanjutnya, Hidayat menjelaskan IGRA sebagai wadah perubahan yang dapat mengembangkan organisasi. “Pengembangan bisa dengan 2 cara yaitu pengalaman dan skill,”jelasnya. Organisasi merupakan wadah perubahan yg baik sebagai good behavior( kebiasaan baik). Di akhir sambutannya, Hidayat berpesan bahwa tiap perubahan harus dimulai dari bawah sebagai masukan dalam pengembangan suatu organisasi dalam hal ini yaitu IGRA.

Musda kali ini menghasilkan susunan kepengurusan yang baru. Sebagai Ketua, ditunjuk atas nama Sri Harpeni, sedangkan Wakil Ketua diserahkan atas nama Kamila. Kepengurusan memiliki beberapa seksi yaitu; Seksi Organisasi, Seksi Pendidikan, Seksi Dana Usaha, dan Seksi Sosial. (may/bd)