Kankemenag Hadiri Pengukuhan MUI Kab. Wonosobo

Wonosobo – Kankemenag Kab. Wonosobo, dalam hal ini diwakili oleh Kasubag TU, Mahbub, menghadiri acara Pengukuhan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Wonosobo masa Khidmat 2021-2026 yang digelar di Pendopo Kabupaten Wonosobo, Selasa, (11/01).

Mahbub, mewakili Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, yang berhalangan hadir lantaran Dinas luar Kota, menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan pengurus MUI yang baru. Ia berharap, kepengurusan MUI yang baru dikukuhkan dapat melanjutkan program kerja yang sudah berjalan dan bersinegi dengan Kankemenag dalam melayani Umat. “Selamat atas pengukuhan MUI Kab. Wonosobo periode 20221-2026, semoga dengan kepengurusan yang baru dapat melanjutkan program kerja yang sudah berjalan dan dinilai baik serta terus berinovasi dalam melakukan pelayanan umat,” kata Mahbub.

Meski berhalangan hadir, ditempat berbeda, Ahmad Farid, menyampaikan ucapan selamat kepada kepengurusan baru. Menurutnya, keberadaan MUI mempunyai peran penting dalam rangka memajukan pembangunan bidang agama, baik secara langsung melalui fungsi dan peran organisasinya. “Dalam sinergi antar MUI dan pemerintah daerah maupun instansi lainnya diharapkan terus dikembangkan agar keberadaannya dirasakan nyata oleh masyarakat,” kata Farid.

Hadir dalam acara tersebut yakni Bupati, Wakil Bupati beserta anggota Forkopimda Kabupaten Wonosobo, Sekretaris MUI Jateng yang ditugasi melantik pengurus MUI Wonosobo mewakili Ketua MUI Jateng, para pimpinan MUI se-Karesidenan Kedu, Kodim 0707 Wonosobo serta tamu undangan lainnya.

Selanjutnya dalam sambutannya, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Wonosobo pihaknya memberikan apresiasi positif dengan diselenggarakannya Pengukuhan Pengurus MUI Kabupaten Wonosobo Masa Khidmat 2021-2026 dan Halaqah Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Se-Eks Karesidenan Kedu.

“Saya ucapkan selamat, dan kepada para pengurus lama saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas segala kontribusi dan karya yang telah diberikan selama menjabat. Peran aktif MUI dalam menciptakan hubungan harmonis antar umat Islam dan antar umat beragama, termasuk umat Islam dengan pemerintah, menjadi sebuah esensi penting dalam berjalannya fungsi MUI sebagai organisasi kemasyarakatan,” ucap Afif dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia sampaikan bahwa Kehadiran MUI di tengah-tengah masyarakat, sangat dibutuhkan untuk membimbing, membina, dan mengayomi seluruh kaum muslimin. Afif berharap, ada sinergitas yang terbangun antara MUI Kab. Wonosobo dengan pemerintah, dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama.(Ps-ws)