Kegiatan Literasi dan Berkebun Bersama

Kab. Pekalongan – Siswa dan guru MIM Kauman disibukkan kembali dengan aktivitas di luar pembelajaran. Seperti dihari pertama, pembiasaan sholat dhuha tetap dilaksanakan secara bergantian di musholla MIM Kauman. (Selasa, 4 Januari 2022)

Setelah sholat dhuha pada hari kedua ini siswa-siswi MIM Kauman melaksanakan kegiatan literasi di kelas masing- masing. Banyak aktivitas yang dilakukan. Seperti membaca buku cerita baik yang dibawa dari rumah maupun pinjam dari perpustakaan “Pustaka B.j.Habibie”. Ada yang diberi tugas untuk meringkas isi buku cerita yang dibaca. Bahkan ada juga yang menyalin puisi, menggambar animasi dan lain-lain.

“Kita sisipkan kegiatan literasi sebelum pembelajaran dimulai, kegiatan literasi ini untuk menstimulasi siswa agar mampu mengembangkan keterampilan berbahasanya: menyimak, menulis, membaca dan berbicara.” tutur Waka Kurikulum Ninik Kusmiyati, S.Pd.

Kegiatan puncak untuk hari ini adalah berkebun untuk kelas 4 s.d 6. Dimana ada bibit cabai dan kangkung yang dibagikan oleh guru. Siswa siswi kelas atas menyiapkan tanah di polybag sebagai media tanam. Tampak mereka merasa senang dan menikmati proses berkebun bersama teman – teman dan gurunya. Sekitar ada 225 bibit yang di tanam. Kemudian ditata di halaman kelas lantai 1, 2 dan 3. 

“Kegiatan berkebun ini menggunakan media tanam polybag. Menanam di polybag untuk mensiasati keterbatasan lahan di MIM Kauman.” tutur Kepala MIM Kauman Djoko Susilo, S.Pd.SD. (Lia/Ant/bd).