Kemenag Serahkan Sertifikat Halal Kepada 18 UMK di Wonosobo

Wonosobo – Dalam rangkaian puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 76 tahun 2022, Kankemenag Kab. Wonosobo menyerahkan delapan belas sertifikat halal kepada pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Sertifikat Halal diserahkan langsung kepada pelaku UKM oleh Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, Wakil Bupati Wonosobo, Muhammad Albar, dan Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid usai pelaksanaan upacara bendera peringatah HAB ke 76 yang digelar di Halaman MAN 2 Wonosobo, Senin, (03/01).

Menurut keterangan Eko Prasetyo, selaku Staff Bimas Islam Kankemenag Kab. Wonosobo mengatakan, Sertifikat halal yang diserahkan kepada para pelaku UKM pada hari ini, merupakan output dari Program Sertifikasi Halal Gratis atau program Sehati Tahun 2021 yang telah dilaksanakan oleh BPJPH secara kolaboratif dengan Kementerian/Lembaga, Pemda, dan mitra BPJPH lainnya.

Eko, juga membeberkan dari delapan belas UKM tersebut, tujuh diantaranya merupakan produk olahan makanan khas Wonosobo yakni Carica, dan sebelas lainnya dalam produk makanan ringan, sambal dan roti maupun kue.

Selanjtunya, usai penyerahan sertifikat halal, Ahmad Farid, mengatakan pihaknya sangat mendukung gerakan sertifikat halal gratis tersebut, sekaligus mengharapkan gerakan tersebut menjadi momentum peningkatan sinergitas seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan jaringan produk halal (JPH).

“Dengan adanya program sertifikat halal gratis ini diharapkan mampu meningkatkan sinergitas sekaligus membantu pelaku Usaha yang ingin menyakinkan masyarakat bahwa produk yang dijual terjamin kehalalannya dibuktikan dengan adanya sertifikat halal tersebut,” kata Farid.

Farid menambahkan, Sertifikat halal merupakan amanah UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, untuk menjamin warga mendapatkan produk yang halal baik makanan maupun minuman, barang gunaan dan jasa.

Adapun daftar UKM atau pelaku usaha yang menerima sertifikat halal secara gratis pada hari ini yakni perusahaan lesung, nida food, cintaku, sumber rejeki carica, sintalya snack, nyong hani, efa food, mawar Kartika –dry cake, kopi lereng bismo, cita rasa, upin, murlia, Rizqi Barokah ER-BE, leffy snack, sari rasa, keripik kriuk bowongso, ardayu carica dan class carica.(Ps-ws/Sua)