Pendampingan Aplikasi

Komitmen Madrasah Kawal Aplikasi Kunci Sukses Lancarnya Giat Madrasah

Mungkid – Aplikasi baru di dunia pendidikan madrasah, yang berjalan 2 tahun sejak 2020 yaitu aplikasi EDM (Evaluasi Diri Madrasah) dan e-RKAM (Elektronik Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah) menjadi aplikasi yang sangat erat kaitannya dengan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

“Aplikasi EDM dan e-RKAM tujuannya memudahkan perencanaan sampai pelaporan penggunaan dana BOS,” ungkap Erni Triani dalam kegiatan pendampingan Aplikasi EDM dan e-RKAM di MTS dan MA Al Iman Muntilan pada hari Kamis, (20/01/2022).

“Pengerjaan LPJ BOS sudah tidak menggunakan paper list lagi, sudah lebih maju dan pastinya lebih simple dan effisien karena pertanggungjawabannya melalui aplikasi yang dapat terbaca mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Pusat,” imbuhnya disela sela kegiatan.

Dalam pelaksanaan aplikasi tersebut, Juknis BOS tahun 2022 wajib dipahami dan dipedomani oleh madrasah dalam penyusunan rencana kegiatan dan penganggarannya.

“Madrasah harus bisa mensinkronkan aplikasi EDM dan e-RKAM dengan juknis BOS. Keduanya harus berjalan selaras,” papar erni kepada Tim Inti Madrasah MTS dan MA Al Iman Muntilan.

Tim Inti Kabupaten Magelang yang diwakili oleh Erni Triani menghimbau agar terjalin koordinasi, kekompakan dan kerja sama yang baik antara anggota Tim Inti Madrasah. Komitmen yang kuat untuk support aplikasi perencanaan guna mendapatkan BOS menjadi kunci suksesnya kegiatan madrasah. Tim Inti Madrasah yang terdiri dari Kepala Madrasah, Operator dan Bendahara merupakan Tim yang memiliki peran penting dalam mendorong Pelaksanaan aplikasi dengan baik.(FS/Sua)