Kuatkan Karakter Religius, MGMP PAI SMA dan SMK Jawa Tengah Gelar Rakor Persiapan Pesantren Ramadhan

Afifatun Sub Koordinator PA pada SMA/SMALB/SMK memberikan pengarahan

(Semarang-PAI). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam SMA dan SMK Propinsi Jawa Tengah menggelar Rapat Koordinasi dan Penyusunan Modul Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Pesantren Ramadhan MGMP PAI SMA dan SMK ke-1 se-Jawa Tengah di Hotel Candi Indah Semarang (19/1/2022).

Afifatun, Sub Koordinator PAI pada SMA/SMALB/SMK Bidang PAI Kemenag Jawa Tengah menyambut baik terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kami menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan ini dan mengapresiasi terobosan yang akan dilakukan MGMP PAI SMA dan SMK Jawa Tengah yaitu Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pesantren Ramadhan”, paparnya.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Afifatun berpesan untuk selalu saling berkolaborasi, koreksi, motivasi, dan bersinergi agar dalam memberikan fondasi pada generasi Islami bisa kuat.

“Dalam pelaksanaannya nanti memuat lima nilai utama dalam membangun generasi hebat pada masa depan yakni religius, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan gotong royong. Pada kegiatan tersebut, tentunya nilai religius menjadi pilar fondasinya. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan buku panduan sebagai upaya penciptaan lingkungan yang religius,” tambahnya.

Tiga agenda
Hery Nugroho, ketua MGMP PAI SMA Propinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa dalam rapat tersebut membahasa banyak agenda yang telah disusun untuk dibahas bersama secara konkret.

“Kegiatan rapat kordinasi ini dengan tiga agenda yaitu pertama, penyusunan panduan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pesantren Ramadhan SMA dan SMK se-Jawa Tengah. Kedua, mendesain kegiatan pesantren Ramadhan. Ketiga rapat tim formatur melengkapi kepengurusan Rohis SMA/SMK Jawa Tengah masa Khidmah tahun 2022,” jelas Hery.

“Pelaksanaan pesantren Ramadhan tahun 2022 diharapkan menjadi gerakan bersama-sama se-Jawa Tengah yang sistematis. Karenanya, untuk tahun ini dibentuk kepanitiaan. Hasil musyawarah ketua panitianya adalah Muhammad Yusuf Setiaji, pengurus MGMP PAI SMA Jawa Tengah, sedangkan sekretarisnya adalah Muhammad Musafikin, pengurus MGMP PAI SMK Jawa Tengah, dan bendaharanya adalah Maftuhatun Nikmah, pengurus MGMP PAI SMA Jawa Tengah. Kemudian akan dilengkapi kepanitiannya mulai dari wakil ketua, wakil sekretaris, dan seksi-seksi. Selain itu, dalam pelaksanaannya dilengkapi dengan buku panduan pesantren Ramadhan yang membantu peserta didik dalam mengikutinya. Sedangkan manfaat untuk guru adalah memudahkan dalam monitoring dan penilaian,” tambahnya.

Sementara itu Untoro, Ketua MGMP PAI SMK Jateng menjelaskan rakor ini dihadiri oleh Afifatun Sub Koordinator PAI pada Seksi SMA/SMALB/SMK Bidang PAI Kemenag Jawa Tengah, Sadi Pengawas PAI Kementerian Agama Kota Semarang, Pengurus MGMP PAI SMA dan SMK, Jumadi pimpinan percetakan Perdana Klaten, dan perwakilan tim formatur Rohis SMA dan SMK Jawa Tengah. (dsr/du/rf)