Lantik Pejabat Pengawas Dan Fungsional Penghulu Untuk Peningkatan Kualitas Layanan

Kota Magelang. Pelantikan pejabat dilingkungan Kementerian Agama Kota Magelang promosi dan rotasi adalah untuk peningkatan layanan, di Hari Amal Bakti ke-76 yang baru saja dilaksanakan berusaha melakukan perbaikan pelayanan pada masyarakat seperti yang menjadi semangat Kementerian Agama transformasi layanan umat. Demikian disampaikan Sofia Nur Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang pada Pelantikan Pejabat Pengawas (Eselon IV) dan rotasi Jabatan Kepala Kantor Urusan Agama dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Magelang (4/1)

“Promosi dan rotasi untuk peningkatan layanan umat merujuk pada semangat kementerian agama transformasi layanan umat” kata Sofia

Lebih lanjut disampaikan bahwa selama kurang lebih enam bulan jabatan pengawas (eselon IV) Kepala Sub Bagian Tata Usaha di jabat oleh pelaksana tugas (Plt). Yang merangkap sebagai Kasi Bimas Islam, karena pejabat sebelumnya purna tugas. Kualitas layanan rangkap kinerja yang memiliki kesibukan layanan administrasi dan layanan umat di Bimas Islam harus segara dapat diisi oleh pejabat definitif sehingga kualitas layanan dapat maksimal.

Selain itu sebagai bentuk penyegaran di layanan kantor urusan agama juga dilakukan rotasi sehingga diharapkan dengan program revitalisasi kantor urusan agama dapat tercapai. Peningkatan kualitas kehidupan umat beragama, Penguatan peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, Penguatan program dan layanan keagamaan, dan Peningkatan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan. Dengan pelantikan ini agar dapat bekerjasama dengan pemerintah kota baik tingkat kota Magelang maupun kecamatan sehingga sinergi dalam pelayanan untuk menciptakan moderasi beragama. Ini penting mengingat tahun 2022 dicanangkan tahun toleransi.

Pelantikan dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Jl. Urip sumoharjo no 106 kelurahan Wates kota Magelang. Pejabat yang dilantik Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kasi Bimas Islam, Kepala KUA Selatan, Utara, dan Tengah. Hadir dalam pelantikan Kepala Bagian Kesra Setda Kota Magelang, Jajaran Forkompimcam, lembaga Agama di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Magelang.

Secara umum pelantikan dapat berjalan lancar, menurut Kasubbag TU Abdurrosyid pelaksanaan pelantikan yang dilaksankan hari ini berlangsung dengan tertib dan hikmat. Koordinasi dan komunikasi telah terbangun dengan lebih baik sehingga pelaksanaan dapat maksimal.

Selain itu dengan adanya pelantikan pejabat pengawas di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Magelang memberi semangat baru dalam menyambut tahun toleransi. Harapan ke depan pejabat yang dilantik dapat melakukan perubahan, mampu membangun kerjasama yang baik serta dapat memimpin dengan baik sehingga meningkatkan kualitas layanan dan memberikan motivasi kerja menuju kementerian agama yang mampu melayani dengan sepenuh hati, bakti untuk negeri dengan transformasi layanan umat. (Wahono)