Latih Jiwa Kewirausahaan, MI Sullam Taufiq Gelar Market Day.

Kab. Pekalongan – Dalam rangka mengasah dan melatih minat, bakat dan jiwa kewirausahaan peserta didik, MI Sullam Taufiq menggelar Market Day pada Selasa (4/01/2022) di Aula lantai 2 MI Sullam Taufiq.

M. Syaikhul Alim, Kepala MI Sullam Taufiq menjelaskan bahwa kegiatan market day ini dalam rangka memberikan pengalaman riil bagi anak-anak bagaimana melakukan transaksi jual beli sesuai syariat Islam. Adapun tema yang diangkat yaitu “Melatih dan Menumbuhkan Minat, Bakat dan Jiwa Entrepreneurship Berkarakter Islami”

“Anak-anak membawa produk masing-masing yang akan dijual kepada teman-temannya. Kemudian secara bergantian berperan sebagai penjual/pedagang sementara sebagian yang lain berperan sebagai pembeli. Menurut pengamatan kami anak-anak sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan praktik jual beli ini” jelas Syaikhul Alim.

Sementara itu, Fian Yulia Nur Fatimah selaku panitia Market Day MI Sullam Taufiq menjelaskan bahwa untuk mencegah kerumunan yang terlalu banyak kegiatan market day dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dari pukul 08.00 sd 10.00 wib untuk siswa kelas 1 dan 3, sedang sesi 2 dari pukul 10.00 sd 12.00 wib untuk kelas 2, 4 dan 5.

“Produk dagangan yang dijual sesuai dengan ketentuan panitia yaitu berupa makanan dan minuman masing-masing membawa 6 buah dengan patokan harga per item seribu rupiah. Adapun untuk melakukan transaksi masing-masing anak diberi uang sebesar tiga ribu rupiah” urai fian.

“Harapan kami dari pembelajaran market day ini selain muncul jiwa kewirausahaan dalam diri siswa juga tumbuh karakter positif antara lain kemandirian, keberanian, juga kompetensi anak akan terasah seperti kemampuan komunikasi, kreatifitas dan kolaborasi dengan orang lain.” pungkasnya. (Msa/Ant/bd).