Madrasah agar Prioritaskan Pelayanan Prima

Kota Mugkid – Tim Inti Madrasah Kemenag Kabupaten Magelang melaksanakan kunjungan ke MI Al Islam Donomulyo Secang, Kamis, (2701/2022). Madrasah yang berada di ujung wilayah Kecamatan Secang berbatasan dengan Kecamatan Grabag ini memiliki peserta didik berjumlah 110 dan tenaga guru 8 orang. Dengan menggalang infaq bersama dari siswa dan guru, madrasah berupaya membangun ruang kelas, ruang guru yang lebih representative serta bangunan pendukung seperti kamar mandi, dan dapur.

“Sarana prasarana yang ada merupakan aspek penting dalam rangka memberikan pelayanan yang baik bagi peserta didik. Akan tetapi, sistem pelayanan yang baik perlu diatur dengan mekanisme yang jelas, sehingga madrasah diharapkan mampu memberikan pelayanan prima kepada pengguna madrasah,” demikian yang disampaikan Erni Triani, Pengawas Pendidikan Agama Islam Madya, selaku koordinator Tim.

Untuk mewujudkan pelayanan prima di madrasah, Erni menjelaskan bhawa Madrasah perlu menyusun Standar Operasional Prosedure (SOP), sebagai dokumentasi menyusun mekanisme kegiatan yang jelas yang dapat dipedomani.

“Madrasah perlu memotret potensi lain dari untuk mendukung proses layanan prima. Misalnya, ruang depan kantor diberi kursi tunggu, ada pojok baca, papan pajang foto kegiatan madrasah, dan hasil karya tulis siswa seperti puisi, gambar, atau kaligrafi. Penataan ruang dan halaman yang asri membuat tamu merasa nyaman berkunjung ke madrasah,” lanjut Erni.

Di samping itu, guru wajib memiliki attitude dan action yang mendukung dalam memberikan pelayanan kepada tamu, melayani dengan senyum, gesture yang mendukung, dan kepastian waktu pelayanan adalah syarat utama pelayanan prima.

“Dengan adanya bantuan operasonal sekolah maka madrasah perlu menganggarkan kegiatan yang mendukung untuk merealisasikan program terkait upaya pelayanan prima,” tambah Erni saat menutup kegiatan pendampingan.(m45k/Sua)