MTsN 2 Pekalongan Harum Namanya di Ajang OGS Tingkat Nasional Tahun 2022

Kab. Pekalongan – Prestasi di bulan Januari kembali terukir melalui tangan siswa-siswi MTsN 2 Pekalongan. Kali ini melalui ajang OGS (Olympiad Genius Student) yang telah dilaksanakan secara online pada tanggal 8 Januari 2022. Kompetisi tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh lembaga Smart Olympic ini menggelar beberapa bidang lomba, antara lain bidang Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Berdasarkan pengumuman kejuaraan yang dirilis pada tanggal 14 Januari 2022, tercatat enam siswa berhasil merebut medali. Mereka adalah: 1). Abdi Hubbika Mutayyama, siswa kelas 8D, meraih medali emas pada bidang IPA dan Bahasa Indonesia, serta medali perunggu pada bidang Matematika; 2). Rilza Dwi Aprilia, siswa kelas 8A, meraih medali emas pada bidang IPA, IPS, Matematika dan Bahasa Indonesia, serta medali perak pada bidang Bahasa Inggris; 3). Rico Juliansyah, siswa kelas 8A, meraih medali emas pada bidang IPA, MAtematika, dan Bahasa Indonesia, serta medali perunggu pada bidang IPS; 4).           Naily Murodah, siswa kelas 8A, meraih medali medali perak pada bidang IPA dan medali perunggu pada bidang Matematika; 5).Winna Febriyani, siswa kelas 8B, meraih medali perunggu pada bidang IPA; dan 6). Kenes Alya Hafizhah, siswa kelas 7B, meraih medali perak pada bidang IPA.

Tahapan lomba dimulai dengan pendaftaran yang dibuka mulai 10 Desember 2021 hingga 7 Januari 2022. Informasi lomba sendiri diperoleh melalui media social yang saat ini memang marak menginfokan adanya kompetisi dalam bidang akademik maupun non akademik.

Salah satu peraih medali, Abdi menceritakan proses pendaftaran hingga pelaksanaan lomba.

“Ketika mendaftar, Alhamdulillah saya bisa melakukannya sendiri dari rumah. Biayanya gratis, hanya memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh penyelenggara, misalnya share poster lomba ke beberapa grup WA, upload twibbone, dan mengisi data diri,” jelasnya. 

Ia juga menyampaikan ketika hari pelaksanaan, panitia membagikan tata cara pengerjaan melalui grup telegram.

Wahyu Hidayani, S.Pd selaku Pembina kelompok belajar IPA mengungkapkan kebanggaannya kepada para siswa bimbingannya.

“Alhamdulillah, anak-anak sangat bersemangat dalam mengikuti berbagai kompetisi. Mereka kami dorong untuk bisa melakukan semua tahapan secara mandiri, mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan lomba. Untuk pembimbingan kami laksanakan baik secara tatap muka maupun daring. Intinya, kami selaku pembina selalu memberikan motivasi kepada mereka bahwa berkompetisi adalah mengasah kemampuan, dan mendapat medali adalah bentuk penghargaan atas perjuangan mereka.” ujarnya.

Ditemui di ruang kerjanya, Imam Sayekti S.Pd.,M.Si.,M.Pmat selaku kepala MTsN 2 Pekalongan juga menyampaikan apresiasi kepada para juara.

“Selamat dan sukses kepada sang juara beserta para pembimbingnya. Semoga prestasi yang telah diraih akan semakin meningkatkan kepercayaan diri dan jiwa kompetitif, serta semakin memantapkan langkah kalian dalam mencapai cita-cita. Ukirlah prestasi dan bahagiakanlah orang tua selalu.”pesannya pada sang juara. (Why/Ant).