Pelatihan Metode UMMI MIM Kauman Kepada Guru TK

Kab. Pekalongan – Pelatihan perdana metode pembelajaran Al-qur’an dengan metode UMMI yang mudah, menyenangkan dan menyentuh hati ini mampu menarik perhatian para guru dan kepala TK sekitar MIM Kauman, berlangsung hari Sabtu 22 Januari 2022 tepatnya pukul 10.00 WIB. Bertempat di ruang kantin madrasah yang belum beroperasi. 

Bagaimana tidak, metode yang menggunakan pendekatan bahasa ibu ini memang prakteknya membuat anak-anak lebih bersemangat dalam mempelajari Alqur’an. Terbukti dengan kedatangan 21 peserta dari berbagai TK area Wiradesa, Wonokerto dan Tirto yang mengisi daftar hadir dan siap mengikuti pelatihan UMMI yang diadakan MIM Kauman. 

Dengan posisi duduk later U layaknya posisi duduk yang diterapkan kepada anak-anak saat pembelajaran UMMI, kegiatan pelatihan di buka oleh Kepala MIM Kauman Djoko Susilo, S.Pd.SD. Sebagai koordinator Novi Astriani, S.Pd dan Ninik Kusmiyati, S.Pd serta Ikromah sebagai Tim Trainer UMMI dari TPQ Raudhotul Mujahidin MIM Kauman.

Pelatihan yang berlangsung 2 jam ini, UMMI jilid 1 ini mampu menarik antusias para guru TK. Metode dijelaskan secara jelas dan teratur oleh trainer. Mulai dari pembagian waktu dan urutan pembelajarannya. Mulai dari salam hinggga doa penutup dan salam penutupan semua dikupas oleh bu Ikromah dan TIM dengan pendukungnya yaitu buku dan alat peraga UMMI.

“Tujuan dan harapan dari kegiatan ini adalah mengajak madrasah/sekolah sebelum jenjang MI /SD menggunakan metode pembelajaran Alqur’an yang mudah dan menyenangkan. Dan tentunya menyentuh hati anak-anak. Tentunya dengan kemauan dari pihak TK sendiri. Sehingga kita menggunakan MOU sebagai dasar kegiatan ini.” kata Djoko Susilo.(Lia/Ant/bd).