Pembiasaan Doa Pagi dan Hafalan Surat Pendek

Kab. Pekalongan –  Pada Senin (24/1/2022), seluruh guru dan tenaga kependidikan MTsN 2 Pekalongan baik ASN maupun non ASN mengikuti apel pagi. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap hari Senin, sesuai dengan edaran Kementerian Agama Pusat yang dilaksanakan oleh seluruh daerah di Indonesia. Bertempat lapangan upacara, apel pagi diikuti dengan khidmat mulai pukul 07.15 WIB melibatkan seluruh unsur mulai pimpinan, guru dan tenaga kependidikan madrasah. Sementara itu, para peserta didik sudah berada di ruang kelas melaksanakan kegiatan pembiasaan doa pagi dan hafalan surat pendek.

Dalam amanatnya, Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti menyampaikan beberapa poin penting, diantaranya mengenai agenda penting madrasah yakni Pilot Project Madrasah Digital. Imam menekankan bahwa madrasah menargetkan 1 bulan persiapan sehingga bulan Maret sudah bisa launching 1 kelas digital. Hadirnya kelas digital di MTsN 2 Pekalongan nantinya diharapkan bisa menjadi contoh bagi madrasah lain di wilayah kabupaten Pekalongan. Selain itu, dengan adanya kelas digital diharapkan mampu menjadi sarana adaptasi para siswa maupun guru dalam menghadapi era digital.

Pada apel rutin ini juga dilaksanakan paparan agenda dari masing-masing unsur pimpinan lain, yakni Plt Kepala TU dan 4 wakil kepala madrasah. Rohman, selaku Plt Kepala TU menyampaikan beberapa hal terkait kedisiplinan pegawai. Ia memberikan apresiasi atas kedisiplinan para GTK MTsN 2 Pekalongan terutama dalam pelaksanaan apel pagi. Ia juga berharap semua bisa konsisten dalam menerapkan kedisiplinan agar dapat menjadi teladan bagi para siswa.

Sementara itu, Waka Humas, Ubaidillah pada kesempatan ini menyampaikan beberapa hal terkait programnya selaku Waka Humas yang baru.

“Terkait pelaksanaan apel, persiapan lomba adiwiyata tingkat provinsi, hingga dihidupkannya kembali infak jumat dan rencana adanya pertemuan keluarga tiap 3 bulan sekali. Ia juga meminta kerjasama serta dukungan dari semua pihak agar kegiatan yang telah direncanakan bisa berjalan dengan baik serta membawa manfaat bagi madrasah.” tuturnya.

Waka Kurikulum, Tuti Susilawati memberikan informasi terkait pergantian wali kelas serta jadwal pelajaran yang akan segera dirilis dalam waktu dekat, serta adanya agenda bimtek PKG oleh Pengawas. Sementara itu, Waka Kesiswaan, Matyuri menyampaikan agenda penting terkait SNPDB MAN IC dan MAN PK yang sudah memasuki fase pendataan calon peserta. Selain itu, ia juga menginformasikan pihaknya sudah mulai mempersiapkan agenda besar lainnya yakni PPDB tahun pelajaran 2022/2023.

Yang terakhir, yakni waka Sarpras, Abdul Djamil juga memberikan informasi terkait penggunaan mebel di dalam kelas diharapkan para siswa dibimbing untuk merawat dengan baik. Ia juga mendorong digunakannya kembali lapangan bulutangkis yang terletak di halaman belakang agar menambah semarak kegiatan di madrasah.

“Silakan apabila ada aduan terkait sarana prasarana yang mengalami kerusakan bisa disampaikan kepada kami selaku penanggung jawab Sarpras.” ujar Abdul Djamil. (Why/Ant/bd).