Penghulu Sebagai Garda Terdepan Pelayanan Kepada Masyarakat

Temanggung – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melantik dan mengambil sumpah jabatan tiga belas pejabat fungsional penghulu di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Pelantikan berlangsung hikmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hadir Kasubbag TU, Kasi / Penyelenggara, Kepala KUA / Penghulu dan Penyuluh Agama Islam Fungsional, bertempat di Aula setempat, Rabu (4/1).

Dalam sambutan dan arahannya Kepala Kemenag, H. Ahmad Muhdzir mengingatkan kepada para penghulu bahwa sebagai garda terdepan pelayanan kepada masyarakat, penghulu merupakan barometer kesuksesan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.

“Penghulu sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat adalah barometer kesuksesan pelayanan yang diberikan Kementerian Agama, oleh karena itu jangan nodai, jangan ciderai nama baik Kementerian Agama,” tuturnya.

Beliau menyampaikan bahwa Kementerian Agama pusat memiliki target untuk melakukan revitalisasi KUA. Program strategis Gus Menteri yakni Revitalisasi KUA, KUA bukan hanya mengurusi nikah, namun ada 10 menu layanan yang ada di KUA dan juga menjadi Pusaka Sakinah, Pusat Layanan Keagamaan dan ini merupakan pekerjaan rumah kepada seluruh penghulu lebih khusus yang baru saja dilantik.

“Penghulu wajib menyesuaikan diri dengan terus meningkatkan kinerja, agar target Menteri Agama untuk melakukan revitalisasi KUA dapat tercapai. Revitalisasi tidak hanya pembangunan infrastruktur, melainkan juga peningkatan pelayanan dan fungsi KUA dalam pembinaan keagamaan,” pinta Ahmad Muhdzir.

Kepala Kemenag berharap dengan pelantikan ini para pejabat yang baru menandatangi penyumpahan lebih bersemangat dan berkinerja tinggi untuk menyambut tahun anggaran 2022.
Kinerja tinggi ini juga dituntut karena Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung sedang berproses dalam zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi hersih melayani agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin meningkat baik di PTSP, KUA maupun madrasah.

Pejabat yang dilantik / Mutasi :

  1. Fu’ad Nur Idris dari KUA Selopampang ke KUA Tlogomulyo
  2. Mupangat dari KUA Kaloran ke KUA Tembarak
  3. Syaefuddin dari KUA  Bulu ke KUA Parakan
  4. Dawud dari  KUA Tlogomulyo ke KUA Kaloran
  5. Ashari dari KUA Kledung ke KUA Bulu
  6. Muhammad Anshori dari KUA Tretep ke KUA Ngadirejo
  7. Nizar dari KUA  Candiroto ke KUA Gemawang
  8. Iva Nurwara Aji dari KUA Bejen ke KUA Kledung
  9. Sugino dari KUA Gemawang ke KUA Jumo
  10. Surata dari KUA Tembarak ke KUA Selopampang
  11. Achmad Edy Maskuri dari KUA Jumo ke KUA Candiroto
  12. Sukron Wakhid dari KUA Parakan ke KUA Tretep

Promosi :

Machfut Arifin menjadi Kepala KUA Bejen

Dalam Kesempatan yang sama Kankemenag juga menyerahkan SK Kenaikan Pangkat kepada 7 orang ASN : Fu’ad Nur Idris (IV-b), Mupangat (IV-b), Badarodin (IV-b), Mat Alfandi (IV-b), Muhammad Farokhi (IV-b), Ulfah Marjam (IV-b) dan Sri Ambariyah (IV-b).(sr/rf)