Peningkatan Capacity Building Pegawai Kemenag Temanggung

Temanggung – Sebanyak 90 pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung mengikuti kegiatan OutboundOutbound ini merupakan bentuk pembelajaran yang dilakukan di alam terbuka berupa permainan yang efektif, menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental, yang dilaksanakan di Wisata Alam Jumprit Ngadirejo, Rabu (19/1).

Kegiatan ini dalam rangka pembinaan moderasi beragama dan peningkatan capacity building atau kegiatan untuk memperbaiki kemampuan seseorang, kelompok atau organisasi untuk mencapai tujuan atau kinerja yang lebih baik bagi pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, begitu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir dalam sambutan pembukaannya.

Kegiatan pembinaan moderasi beragama dan peningkatan capacity building yang dikemas melalui permainan ini, diawali dengan do’a bersama, pengarahan Kepala Kantor, senam, outbond, serta motivation for the best team.

Ahmad Muhdzir, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyampaikan bahwa, “ salah satu tujuan kegiatan outbond ini  diantaranya untuk membentuk team building, peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi  dan  kekompakan kelompok,“ ujarnya.

Beliau mengajak kepada seluruh peserta untuk menghilangkan sekat jabatan dalam pekerjaan saat permainan ini, semua memiliki status yang sama yaitu sebagai peserta sehingga diharapkan tidak ada kecanggungan dalam permainan.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa peserta outbond dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini yaitu untuk ajang menjalin keakraban dan kekeluargaan pegawai ,melepas penat atau kejenuhan rutinitas dalam pekerjaan dan membangun rasa percaya diri.

“Dengan outbound ini diharapkan ada sebuah proses untuk membantu individu atau kelompok dalam mengidentifikasi dan menemukan permasalahan dan menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dan melakukan perubahan,“ harapnya.

Sementara materi motivation for the best team disampaikan oleh Muhamad Tobiq mantan Kakankemenag Kabupaten Wonosbo. Beliau mengajak kepada peserta untuk meningkatkan kinerjanya sebagai bentuk pengabdian kepada Kementerian Agama. Tanggung jawab pekerjaan pegawai tidak sebatas pada pimpinan saja tetapi juga akan dimintai pertanggungjawaban dihadapan Allah SWT.

Untuk itu, Muhamad Tobiq mengingatkan kepada para peserta bahwa salah satu manfaat dari capacity building atau pembangunan keterampilan (skills) dan kemampuan (capabilities) ini agar peserta dapat mengurangi dan menghilangkan kinerja yang buruk,  meningkatkan produktivitas kinerja yang dituangkan dalam laporan capaian kinerja pegawai, serta meningkatkan komitmen pegawai. Tiga Mantor yaitu M. Thobiq, Irawan Parsetyaji, dan Galuh mengajak peserta outbond dalam sebuah team building games yang berkaitan dengan kemampuan personal dalam bekerjasama dengan orang lain. Tujuannya untuk melatih seseorang agar mampu bekerjasama dengan baik dengan rekan atau teamnya. (sy/rf)