Rapat Koordinasi dan Silaturahmi Menginspirasi Terbentuknya Forum Komunikasi Takmir Masjid

Wonosobo – Masjid merupakan bangunan monumental bagi umat Islam. Pada umumnya umat Islam sangat bersemangat untuk mendirikan tempat ibadah, hal ini tidak lain karena motivasi untuk mendapatkan pahala yang berlipat yaitu dari shadaqah jariyah yang pahalanya akan terus mengalir. Namun semangat untuk membangun tempat ibadah pada umumnya belum diikuti dengan upaya pengelolaannya.

Berangkat dari hal tesebut, dalam rangka menyamakan persepsi takmir masjid, KUA Kecamatan Wonosobo bekerjasama dengan takmir masjid Al Huda Sudagaran Wonosobo menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi dan silaturahmi takmir masjid se-Kecamatan Wonosobo, yang dilaksanakan pada hari Selasa, (18/01) di Masjid Al Huda, diikuti oleh 60 orang takmir masjid yang mewakili 30 masjid di Wilayah Kecamatan Wonosobo.

Dalam sambutannya, Kepala KUA Kecamatan Wonosobo, HA Fuadi, menyampaikan bahwa fungsi masjid disamping sebagai tempat untuk shalat juga untuk kegiatan-kegiatan yang lain seperti pendidikan, pelayanan, infomasi atau dengan kata lain untuk mewujudkan ibadah maghdhah dan ghairu maghdhah.

“Hal ini sudah banyak dilakukan oleh masjid Al Huda. Dengan demikian masjid akan mempunyai maghnet bagi warga untuk mendatangi masjid sehingga akan menjadi masjid yang paripurna,” kata Fuadi.

Sementara itu ketua takmir masjid Al Huda, H. Slamet Syaefudin menyampaikan pihaknya merasa senang dan bersyukur mendapat kunjungan para takmir masjid. Slamet, berharap kegiatan rapat koordinasi dan silaturahmi bisa menumbuhkan inspirasi bagi segenap takmir masjid untuk mengadakan suatu perubahan,

“Masjid Al Huda telah melakukan kegiatan studi banding, seperti ke Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Masjid Al Falah Sragen, Masjid Namira di Lamongan Jawa Timur. Upaya tersebut berbuah hasil, terbukti pada tahun 2021 masjid Al Huda Mewakili Kecamatan Wonosobo dalam kegiatan lomba K3M ke-12 Tahun 2021 terpilih sebagai juara I Lomba K3M,” Kata Slamet.

Rapat koordinasi dan silaturahmi dilanjutkan dengan sosialisasi tentang manajemen pengelolaan masjid yang disampaikan oleh Irna Fitroyah dan Untaji Affan, selaku  Penyuluh Agama Islam Kecamatan Wonosobo dengan mengusung materi tentang manajemen masjid dan teknik untuk mewujudkan masjid yang sehat dan makmur.

Usai materi tersampaikan dengan gamblang, acara dilanjutkan dengan pembentukan Forum Komunikasi Takmir Masjid Kecamatan Wonosobo, dengan susunan pengurus Ketua H. Slamet Syaefudin, Wakil H. Supriyadi, Sekretaris Zulfan Setyanto, Wakil Ikrom, Bendahara Erwin Suwondo, Wakil Zaenal Mustaqim.

Mengetahui adanya kegaitan tersebut, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, diruangnya pada hari Rabu, (19/01), menyampaikan apresiasi kepada KUA Kec. Wonosobo beserta Penyuluh Agama Islam yang terlibat, atas inisiasi pendampingan takmir masjid sebagai upaya memaksimalkan fungsi masjid.(UA-WS/Sua)