Rapat Koordinasi Kepala Lembaga Pendidikan Al-Qur’an dan Pembekalan Ustadz-Ustadzah LPQ Kecamatan Garung

Wonosobo – Kasi PD Pontren Kankeemang Kab. Wonosobo, Fakih Khusni, berkesempatan bersamai ustadz-ustadzah pengasuh Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) se Kecamatan Garung pada acara Silaturrahmi dan Koordinasi Kepala LPQ dan pembekalan ustadz-ustadzah LPQ, yang digelar di aula Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nur Telago Menjer, Tempuran Garung, pada Jum’at (20/01) yang diikuti oleh 60 ustadz-ustadzah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Fakih Khusni, sampaikan bahwa koordinasi antar LPQ dianggap sangat penting untuk saling menguatkan masing-masing lembaga dalam manajerial dan sekaligus sebagai wadah bertukar informasi dan inovasi peningkatan kualitas pembelajaran santri. “Sekaligus pertemuan ini menjadi majelis silaturrahmi guna menambah wawasan keislaman dengan ngaji bareng Kitab Fadhailul Qur’an,” kata Fakih.

Lebih lanjut dalam materinya, Fakih, memberikan pembekalan tentang moderasi beragama dan pemahaman keislaman yang kaffah dan moderat.

Selanjutnya Kepala LPQ An-Nur Tlogo Menjer, Sugati, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan syukur dan terima kasih kepada seluruh pimpinan LPQ yang telah hadir mengikuti acara. Sugati katakan, kehadiran pimpinan LPQ menjadi penyemangat bagi LPQ An-Nur untuk terus berjuang dalam pembelajaran LPQ.

Senada dengan Sugati, Ketua Badko LPQ Kecamatan Garung, Mad Rahayu, mengucapkan terima kasih kepada Kasi PD Pontren telah bekenan membersamai Badko LPQ Kecamatan Garung sukseskan rapat koordinasi. “Semoga kedepan kita semua tetap kompak bersinergi untuk tingkatkan kualitas LPQ,” kata Mad Rahayu.

Rakor diakhiri dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng sebagai slametan kesyukuran atas perjuangan bersama dalam majukan LPQ di Kecamatan Garung.

Sementara itu, saat ditemui diruangnnya dihari yang sama, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, mengetahui adanya kegiatan tersebut menyampaikan, keberadaan LPQ di setiap  dusun di wilayah Wonosobo dapat menjadi tempat yang aman dan ramah bagi santri dalam belajar keislaman utamanya baca tulis Al-Qur’an.

“Setiap pengasuh harus luaskan wawasan keislaman yang wasathiyah atau moderat dan pengasuh harus selalu tingkatkan kompetensinya. Upaya PD Pontren berikan pembekalan kepada pengasuh LPQ merupakan bagian dari ihtiar meningkatkan kompetensi pembelajaran dan luaskan wawasan keislaman yang kaffah,” tandas Farid.(fk-ws/Sua)