Siap Berjuang di Laga Final Tingkat Nasional

Kab. Pekalongan – Sebanyak 12 siswa MTsN 2 Pekalongan sukses melaju ke babak final KSSN (Kompetisi Sains Siswa Nasional) tahun 2022 setelah lulus seleksi tingkat provinsi Jawa Tengah. Tak hanya itu, 7 orang diantaranya berhasil memboyong gelar juara.

Adapun ketujuh siswa yang berhasil memboyong gelar juara tersebut adalah : Bilgis Labibatul Asyika, kelas 7A berhasil meraih 3 gelar juara, yakni peringkat 7 pada mapel IPS, serta meraih medali perak dari mapel IPA dan medali perunggu dari mapel Matematika; Rilza Dwi Aprilia, kelas 8A berhasil menduduki peringkat 9 pada mape IPS serta meraih medali perunggu dari mapel IPA; Rico Juliansyah, kelas 8A meraih medali perunggu dari mapel IPA dan medali emas dari mapel IPS, serta lulus seleksi mapel Matematika; Kenes Alya Hafizhah, kelas 7B, meraih medali perak dari mapel IPS dan medali perunggu dari mapel IPA; Salsabila Apriliana Gresy, kelas 9A, meraih medali emas dari mapel IPS; Winna Febriyani, kelas 8B meraih medali perak dari mapel IPS, dan lulus seleksi mapel Matematika; Dwi Nasifa Fauziah kelas 7B meraih medali perak dari mapel IPS

Sementara itu, siswa lain yakni Ika Ismatul Maula, Kukuh Izaas Widjonarko, Abdi Hubbika Mutayyama, Silva Dea Afrilia dan Bilqis Maulidyna Cahya meski tidak mendapat gelar juara, namun berhak melaju ke tingkat nasional karena dinyatakan lulus seleksi berdasarkan pengumuman yang dirilis panitia.


KSSN tingkat Provinsi ini merupakan kompetisi online bidang akademik yang dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2022. Penyelenggaranya merupakan sebuah lembaga kompetisi online bernama Osains.ID (Olimpiade Sains Indonesia) yang berkantor pusat di Medan, Sumatera Utara. KSSN yang telah diselenggarakan dengan sukses ini mempertandingkan beberapa mata pelajaran yakni IPA, IPS, Matematika dan Bahasa Inggris. Seluruh peserta yang tersebar di wilayah Indonesia saling berkompetisi agar dapat melaju ke babak final di tingkat Nasional.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis tanggal 19 Januari 2022 melalui akun IG osains.id, sebanyak 12 siswa tersebut tercatat dalam Surat Keputusan Dewan Juri No.109/SKDJ.11/OSAINS/KSSN/I/2022 sebagai peserta yang lulus ke babak selanjutnya.

Menanggapi hal ini, Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti, mengungkapkan apresiasinya. Ia mengucapkan selamat kepada ke-12 siswa yang akan bertanding kembali di tingkat Nasional. Tak lupa, ia juga memberikan motivasi kepada para siswa maupun guru pembimbingnya.

“Alhamdulillah, luar biasa sekali pencapaian para juara ini. Semoga kesuksesan akan kembali bisa diraih pada babak final di tingkat Nasional nanti. Tetap semangat dalam mengembangkan potensi dan mengukir prestasi. Selamat dan sukses selalu untuk anak-anakku beserta bapak ibu guru pembimbingnya.” pungkasnya. (Why/Ant/bd).