Sosialisasi SNPDB MAN IC dan MAN PK kepada Siswa Kelas IX MTsN 2 Pekalongan

Kab. Pekalongan – Pada hari Senin (24/1/2022), bertempat di Mushola Al Ikhlas MTsN 2 Pekalongan, digelar acara sosialisasi dan penjelasan teknis terkait SNPDB MAN IC dan MAN PK kepada calon peserta yang berjumlah 27 siswa kelas IX. Pelaksanaan SNPDB yang saat ini memasuki fase pendaftaran dan pengumpulan berkas digital, menjadi dasar pelaksanaan kegiatan tersebut. Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari Sie Peserta Tim Sukses SNPDB, Nursinggih Ramadhani, siswa yang dikumpulkan merupakan hasil dari pendataan berbasis nilai rapor semester 1 kemarin.

“Dari hasil rekapitulasi, kami dapatkan sebanyak 27 anak ini yang akan diarahkan mendaftar ke MAN IC ataupun MAN PK. Bagaimanapun, kesempatan emas ini tidak boleh disia-siakan. Maka dari itu, kami kumpulkan mereka, kami berikan motivasi, arahan agar mereka berani dan percaya diri untuk mengikuti SNPDB ini.” jelasnya.

Turut hadir pula, salah satu guru BK kelas IX, Isti Rohanah yang pada kesempatan itu menjelaskan tentang MAN Insan Cendekia. Ia memberikan wawasan kepada para siswa tentang keunggulan yang dimiliki madrasah tersebut sehingga menjadi motivasi tersendiri bagi siswa yang hadir untuk mengikuti seleksi.

“Prosesnya akan dibantu madrasah, mulai dari pendaftaran, upload berkas, pengisian data diri, hingga ujian seleksi akan difasilitasi madrasah. Yang jelas kalian juga harus mempersiapkannya sebaik mungkin agar tidak sampai terlewat kesempatan emas ini. Insya Allah jika diterima nanti, orang tua pasti bangga. Dan, misalnya tidak lolos, kalian sudah mengantongi pengalaman mendaftar sekolah ke jenjang lebih tinggi,” tutur Isti menyemangati.

Dari hasil sosialisasi dan penjelasan teknis, didapatkan hasil bahwa sebagian besar dari siswa yang hadir akan melanjutkan ke tahap pengumpulan berkas dan pendaftaran. (Why/Ant/bd)