Sosialisasi Tapak Suci Dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Kab. Pekalongan – Disela – sela tiga hari pertama kegiatan sebelum pembelajaran. Siswa kelas 5 memiliki kegiatan yang berbeda dengan yang lainnya di haru ke tiga. Rabu, 5 Januari 2022 setelah sholat dhuha, nampak kelas 5 berkumpul dan berbaris di halaman MIM Kauman. Di depan barisan, 6 mahasiswa Universitas  Pekajangan dengan baju merah Tapak Sucinya memberikan sosialisasi kepada semua siswa kelas 5A dan 5B.

Enam mahasiswa jurusan pendidikan jasmani UMPP semester tiga tersebut diantaranya ada Kak M.Hisyam Zaen; Heru irawan; Rofi Surya Hadi; Mifthaul Arista; Danang Firmansyah; Afif Tri Ramadhansyah. Tujuan kedatangan mereka adalah mengenalkan sejarah tapak suci serta mempraktikan beberapa jurus tapak suci.

Tampak siswa kelas 5 sangat antusias terhadap penampilan kakak-kakak mahasiswa tersebut. Sorak dan tepuk tangan bergantian mengiringi penampilan keenam mahasiswa tersebut.

Dihadapan siswa kelas 5 MIM Kauman mereka mempraktekkan bagaimana proses kegiatan di Tapak Suci yaitu Belajar dari do’a pembuka tapak suci, salam persembahan tapak suci, jurus-jurus dasar tapak suci dan do’a penutup

“Tapak suci merupakan salah satu ektrakurikuler yang ada di MIM Kauman. Sebelum pandemi, kegiatan ini berlangsung setiap sore pada hari Selasa pukul 16.30 s.d 17.00 WIB. Sepanjang pandemi kegiatan ini off,” Kata Djoko Susilo.

“Dengan kedatangan tamu mahasiswa UMPP untuk sosialisasi tapak suci tentunya kami sangat berterimakasih sekali sehingga siswa dapat melihat beberapa kegiatan, gerakan, secara langsung yang ada di dalamnya. Karena selama pandemi mereka hanya mengenal secara teorinya saja yang ada dalam pembelajaran kemuhammadiyahan” lanjutnya. (Lia/Ant/bd).