Terapkan Tiga “S” Senyum, Sapa dan Salam Dengan Kedepankan Layanan Terbaik

Mungkid – Terapkan Tiga “S” Senyum, Sapa dan Salam dan Kedepankan Layanan Terbaik. Pesan tersebut disampaikan Kepala Sub Bag TU Kankemenag Kab. Magelang Khoironi Hadi dalam kegiatan Evaluasi Kinerja Pramubakti pada Kankemenag Kab. Magelang di Meeting Room, Jumat, (31/12/2021).

Selain itu Khoironi Hadi juga berpesan kepada Pramubakti untuk selalu menjalin komuniasi yang baik dengan rekan kerja dan pimpinan yang membinanya sehingga setiap ada kendala dan hambatan dalam pekerjaan dapat segera dicarikan solusi terbaik.

“Ketika ada tamu misalnya mengeluhkan kenapa tidak ada penjaga keamanan yang membantu penyeberangan misalnya, maka kita harus segera sikapi kenapa itu bisa terjadi, apakah karena petugas lagi ada keperluan atau izin ataukah ada kendala tertentu misalnya petugas sakit, kalau hal itu di komunikasikan maka dapat segera diatasi misalnya dengan menggantikan tugas tersebut kepada teman yang lain,” pesan KHoironi Hadi.

“Setiap pramubakti pada bagiannya baik yang di front office PTSP atau di satuan keamanan dan OB tentu sudah punya list pekerjaan tiap harinya, maka tinggal laksanakan itu, kemudian kalau hal itu tidak dapat dilaksanakn maka dapat segera dikomunkasikan, jangan diam saja, diatur dan bagi tugas serta koordinasi insa Allah semua dapat berjalan baik,” tandasnya.

Menurut Khoironi Hadi, Evaluasi kinerja Pramubakti tersebut merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengetahui hasil pekerjaan Pramubakti. “Evaluasi kinerja adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui hasil kerja dari jenengan semua pada tugas-tugas yang telah dibebankan kepada jenengan. Bisa dibilang, evaluasi kinerja adalah sebuah langkah yang penting untuk dilakukan agar kami tahu sudah sampai mana kinerja yang dilaksanakan,” katanya.

Evaluasi Kinerja Pramubakti selain untuk mengetahui kinerja juga untuk menggali informasi tukar pendapat akan masalah-masalah yang dihadapi dalam pekerjaan. “Kami menjadi tahu, bagaimana kapasitas seorang pegawai dalam melakukan sebuah pekerjaan, setiap masalah yang muncul perlu ditangani guna menunjang aktivitas pelayanan kantor dan pelayanan maksimal dapat dicapai,” jelasnya.

Kinerja yang telah baik dari Pramubakti juga harus didukung oleh adanya manajemen kinerja yang baik yang akan membantu pramubakti dan pimpinan dalam mempersiapkan rencana kerja yang baik dan  rutin dilaksanakan, sehingga harapan dari keduanya dapat saling tercapai dan meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan.

“Kinerja sangat penting bagi lembaga karena kinerja yang tinggi tentu dapat mengurangi angka absensi atau tidak bekerja karena malas,  dengan kinerja yang tinggi dari buruh ASN atau pramubakti maka pekerjaan yang diberikan atau ditugaskan kepadanya akan dapat diselesaikan dengan lebih baik dan maksimal,” jelas Khoironi Hadi.

Rapat Evaluasi dikuti seluruh pramubakti yang ada di Kankemenag kKab. Magelag dari tenaga keamanan, petugas PTSP dan Office Boy.(toy/Sua).