Tujuh Siswa MTsN 2 Pekalongan Lulus Seleksi OSN Tingkat Provinsi

Kab. Pekalongan – Semangat berkompetisi nampaknya semakin membara pada diri siswa-siswi MTsN 2 Pekalongan. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya prestasi yang diukir di bulan Januari ini. Salah satunya dari ajang Olimpiade Siswa Nasional (OSN) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh GSI (Garuda Sains Indonesia) secara online pada tanggal 16 Januari 2022.

Kompetisi tersebut merupakan ajang seleksi tingkat provinsi untuk menentukan lulus tidaknya para peserta ke tingkat nasional. Berdasarkan pengumuman yang dirilis melalui akun IG penyelenggara, tercatat sebanyak 7 siswa berhasil melaju ke babak final. Tak hanya lolos, beberapa diantaranya juga meraih gelar juara.

Berikut adalah rekap hasil OSN tingkat provinsi Jawa Tengah tersebut : Abdi Hubbika Mutayyama, siswa kelas 8D, menduduki peringkat 8 mapel Bahasa Inggris dan otomatis lulus ke tingkat nasional; Amelia Novita, siswa kelas 9A, meraih Juara Harapan 3 mapel IPS dan meraih 2 medali, yakni perak dari mapel Bahasa Inggris dan perunggu dari mapel IPA; Rilza Dwi Aprilia, siswa kelas 8A, menduduki peringkat 10 pada 2 mapel sekaligus yakni mapel IPA dan IPS; Rico Juliansyah, siswa kelas 8A, meraih 2 medali perunggu, masing-masing dari mapel IPA dan IPS, serta lulus seleksi juga pada mapel Bahasa Inggris dan Matematika; Kenes Alya Hafizhah, siswa kelas 7B, berhasil merebut Juara Harapan 2 pada mapel IPS serta lulus seleksi mapel IPA; Winna Febriyani, kelas 8B menduduki peringkat 10 mapel IPS sekaligus lulus seleksi mapel IPA dan Matematika; dan Silva Dea Afrilia, kelas 7A, meraih medali emas pada mapel IPS, dan juga berhasil lolos seleksi mapel Bahasa Inggris dan IPA.

Sementara itu, pelaksanaan OSN tingkat Nasional akan diberitahukan informasinya melalui akun media sosial penyelenggara serta grup telegram, sehingga, menurut Silva Dea Afrilia, kelas 7A yang merupakan salah seorang siswa peserta, memang harus selalu memantau grup maupun media sosial panitia. Tak lupa, ia juga mengungkapkan rasa syukurnya karena berhasil lulus seleksi, bahkan mendapat 1 medali emas dari mapel IPS.

“Alhamdulillah, saya senang sekali, karena perjuangan saya untuk mengerjakan soal-soal lomba kemarin membuahkan hasil yang membanggakan,” ungkap Silva bangga.

Ia juga akan mempersiapkan diri untuk di babak final nanti.

“Saya harus belajar lebih giat lagi serta memperbanyak waktu untuk membaca berbagai referensi. Mohon doanya agar saya kembali sukses di tingkat nasional nanti.” harapnya.

Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti juga memberikan apresiasi mendalam terhadap ketujuh siswa berprestasi itu.

“Selamat dan sukses selalu saya doakan untuk anak-anak yang istimewa ini. Teruslah asah kemampuanmu, semangatlah dalam mengukir prestasi. Semoga di babak final nanti prestasi akan kembali diraih. Semangat dan selamat berjuang.”ucapnya. (Why/Ant/bd).