Vaksinasi Dosis Kedua MIN 1 Temanggung

Temanggung MIN 1 Temanggung sukses melaksanakan vaksinasi dosis kedua bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Temanggung (RSUD) Djojonegoro Temanggung, Kamis, (13/1). Vaksin ini dilaksanakan serentak  dari umur 6 sampai 12 tahun dari kelas 2 sampai kelas 6. Pelaksanaan dilakukan secara bergiliran sehingga tidak menimbulkan kerumunan di tempat pemberian vaksin.

Sistem yang digunakan adalah guru memanggil siswa perkelas dan didampingi oleh wali kelas masing-masing dengan jumlah petugas dari RSUD Temanggung berjumlah 14 tenaga medis. Pelaksanaan vaksin dimulai dari jam 8 pagi dan berakhir jam 11.00 siang dan dilanjutkan dengan pemberian imunisasi MR untuk anak-anak kelas 1. Imunisasi MR untuk anak kelas 1 dilaksanakan mulai jam 12.30, sehingga anak-anak kelas 1 datang ke madrasah pada siang hari menjelang pelaksanaan imunisasi.

Menurut Kepala Madrasah, Muh Junaidi, pemberian vaksin yang kedua ini merupakan kelanjutan pemberian vaksin dosis 1 yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021. Pemberian vaksin untuk dosis kedua ini semakin kuat untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara luring.

“Tentunya ini merupakan sebuah upaya untuk menjaga dan melindungi para peserta didik dari virus Covid-19. Dengan adanya vaksinasi menjadikan sebuah perasaan aman bagi seluruh pihak bila nantinya akan diadakan pembelajaran tatap muka (PTM). Vaksinasi gelombang kedua ini menandakan bahwa pihak madrasah peduli akan kesehatan dan keselamatan seluruh keluarga MIN 1 Temanggung, karena semua pegawai dan guru serta para peserta didiknya telah melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Junaedi menambahkan terlaksananya kegiatan vaksinasi ini. “Kami sangat bersyukur karena semua para peserta didik MIN 1 Temanggung telah melakukan vaksinasi. Karena vaksinasi adalah salah satu bentuk ikhtiar kita agar terlindungi serta terhindar dari virus Covid-19. Dengan adanya vaksinasi ini kami berharap agar selama pembelajaran tatap muka kita semua tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19,” ungkapnya. Sementara selaku pengelola UKS, Inarotul Hasanah sebelum pelaksanaan vaksin tahap ke-2 ini, memberikan penjelasan sebelum dilaksanakan vaksin anak-anak harus sudah sarapan dan keadaan anak-anak harus dalam keadaan sehat karena apabila anak dalam keadaan tidak sehat maka tidak diperbolehkan mengikuti vaksin.(sr/rf)