Arah Kiblat Akurat, Menjadikan Sholat Lebih Semangat

Banyumas – Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Lubab Habiburrohman, bersama dengan Seksi Bimbingan Masyarakat Islam memberikan pelayanan Pengukuran Arah Kiblat. Tim dari Bimas Islam yang dipimin oleh H. Muh. Zuhdi, S.H selaku Ketua Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Banyumas melakukan kalibrasi arah kiblat di Masjid Nurul Iman Mertayasa Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Senin (21/2).

Pengukuran arah kiblat dihadiri oleh Sobirin, S.H selaku JFU Bimas Islam, Urip Samsul Hayat ,S.Ag Penyuluh Agama Non PNS, Takmir Masjid Nurul Iman Mertayasa dan tokoh masyarakat setempat.

Muh. Zuhdi menyampaikan salah satu syarat sah salat adalah menghadap kiblat. Arah kiblat adalah arah dari suatu tempat ke Ka’bah di Masjidil Haram, Mekkah dengan jarak yang terdekat.

“Sebagai syarat wajib dalam salat, cara menentukan arah kiblat salat tak boleh diabaikan begitu saja,” terangnya.

Lubab Habiburrohman menyampaikan, penentuan arah kiblat dengan teknologi dapat memastikan kemana arah kiblat suatu tempat di permukaan bumi. Dengan mengetahui arah kiblat yang pasti akan menumbuhkan keyakinan seorang muslim dalam melaksanakan ibadah shalat, sehingga ibadahnya lebih khusyuk.

“Akurasi arah kiblat harus benar – benar diperhatikan karena akan menjadi acuan masyarakat yang akan melaksanakan sholat di masjid tersebut”, jelasnya.

Semoga dengan adanya pengukuran arah kiblat ini jamaah yang beribadah di masjid Nurul Iman Mertayasa dapat beribadah dengan baik dan menjadi Masjid yang betul-betul berfungsi sebagai tempat ibadah sesuai dengan syariat yang telah ditentukan dalam ajaran Islam.(EH/Sua)