Eny Yaqut: Pola Hidup Sehat, Gizi Optimal dan Investasi Kesehatan untuk Melindungi Diri dari Covid-19

Semarang (Humas)- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Prov. Jateng turut dalam Webinar Nasional yang diinisiasi oleh DWP Kemenag Republik Indonesia secara daring melalui zoom meeting dari Ruang Teleconference Lt.3 Kanwil Kemnag Prov. Jateng, Selasa (22/2).

Webinar yang bertajuk “Pola Hidup Sehat melalui Gizi Optimal Sebagai Investasi Kesehatan Jangka Panjang” menghadirkan narasumber kredibel, dr. Putri Sakti Dwi Permanasari selaku Dokter Gizi. Tampak hadir dalam webinar, Eny Yaqut Cholil selaku Penasehat DWP Kemenag RI, Farikhah Nizar Ali selaku Ketua DWP Kemenag RI serta seluruh DWP Kanwil Kemenag, DWP Peguruan Tinggi  Keagamaan Negeri, DWP Kankemenag, DWP UPT Asrama Haji, DWP Balai Diklat dan Litbang Keagamaan seluruh Indonesia.

“Webinar ini merupakan ikhtiar lahiriah dalam menjaga dan merawat tubuh kita, karenanya materi yang akan disampaikan menjadi  penting dan bermanfaat karena terkait dengan persoalan gizi yang menjadi konsumsi  kita semua dalam menjaga imunitas dan kesehatan ,” tutur Farikhah Nizar Ali dalam sambutannya.

“Topik ini menjadi sangat menarik karena sangat diperlukan dalam keadaan saat ini dalam berkomsumsi makanan yang bergizi, sehat dan halal sehingga dapat menambah imunitas kita. Nikmat sehat adalah nikmat paling besar yang dianugerahkan oleh Allah, maka harus kita syukuri dan ikhtiarkan untuk dapat lebih memaknai hidup ini,” imbuhnya.

Sedangkan menurut Eny Yaqut Cholil ada 3 poin menarik dari tema webinar kali yakni: (1) pola hidup sehat; (2) gizi optimal; (3) investasi kesehatan.

“Yang pertama pola hidup sehat, dalam hidup menjalankan pola hidup sehat adalah hal yang seharusnya dilakukan, tak hanya untuk kesehatan namun juga untuk keberlangsungan hidup secara keseluruhan. Sebab dalam tubuh yang sehat  terdapat jiwa yang kuat, dengan tubuh yang sehat dan segar kita dapat melakukan aktifitas yang kita inginkan dengan mudah dan menyenangkan. Itu semua perlu niat dan komitmen yang kuat untuk menjalankan pola hidup yang sehat, ” tutur  Eny Yaqut Cholil.

“Berbicara tentang gizi optimal tentunya kita akan teringat asupan makan yang kita konsumsi. Keseimbangan kebutuhan tubuh akan nutrisi yang seluruhnya memberikan konstribusi pada pemenuhan gizi yang optimal untuk membentuk sistem imun yang kuat untuk melindungi diri dari virus, jamur, parasite dan bakteri yang menyerang tubuh kita apalagi disaat pendemi saat ini,” imbuhnya.

 “Yang ketiga yakni investasi kesehatan, bagaimana kita menyiapkan dan memastikan secara pribadi dan keluarga kita dalam kesehatan fisik maupun mental, tidak hanya untuk saat ini tetapi  hingga diusia senja kita nanti. Apalagi dimasa pandemi, kesehatan seluruh keluarga menjai prioritas utama yang perlu diperhatikan,” pungkasnya.

Eny juga berharap seraya mendoakan supaya seluruh anggota DWP yang saat ini sedang terpapar covid-19 dapat segera pulih dan dapat beraktifitas seperti sedia kala serta tak jemu mengingatkan supaya kita semua terus melakukan 6M untuk memotong rantai penyebaran covid-19. Webinar dilanjutkan denganpemaparan materi oleh  dr. Putri Sakti Dwi Permanasari. (da/rf)