Gara Zawa Laksanakan Visitasi LA2

Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta melaksanakan visitasi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Tahun 2022, diantaranya LAZIS Rumah Zakat dan Yatim Mandiri (22/02). Kegiatan ini rencananya akan dilakukan secara rutin tiap semester pada Lembaga Amil Zakat yang terkait. Dalam kesempatan tersebut Tim Visitor Kankemenag Kota Surakarta dipimpin oleh Encep Moh Ilham selaku Penyelenggara Zawa menyampaikan syukur bahwa kegiatan berjalan dengan lancar. “Kami mengucapkan Jazakumullah Khoiron Katsiiran kepada semua pihak yang mendukung dan telah mendoakan kami sehingga kegiatan visitasi ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.” katanya

Sebagaimana telah diketahui, berdasarkan UU RI No.23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat Pasal 17 yaitu untuk membantu BAZNAS dalam pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat, masyarakat dapat membentuk Lembaga Amil Zakat (LAZ). “Dilanjutkan dalam Pasal 18, bahwa pembentukan Lembaga Amil Zakat (LAZ) wajib mendapat izin menteri atau pejabat yang ditunjuk menteri,”jelasnya.

“Tentang perijinan sangat penting untuk diperhatikan, sebagai dasar kegiatan, dan apabila sudah habis masa berlakunya ijinnya juga untuk segera diperbaharui, dan mohon dapat dipisahkan antara zakat dan wakaf uang,” tambahnya. Kankemenag Kota Surakarta melalui penyelenggara zakat wakaf menargetkan bahwa Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Kota surakarta harus mampu membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan. ‘‘Tujuan dari visitasi ini untuk mendata jumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ) serta melihat perkembangan dan pengelolaan Zakat yang ada di Kota surakarta.” ujarnya

“Mengingat Rumah Zakat dan Yatim mandiri merupakan salah satu lembaga amil zakat berskala nasional yang di bentuk Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di kota surakarta, sehingga diharapkan semua Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Kota surakarta bisa bersinergi dalam rangka menciptakan pengelolaan Zakat. Kedepan ditargetkan dapat membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan melalui pengelolaan zakat tersebut.”tambahnya.

Kunjungan tersebut disamping untuk silaturahmi dengan pengurus LAZ Rumah Zakat dan LAZ Yatim mandiri , sekaligus melihat langsung program-program yang disiapkan terkait sejauh mana perkembangan pengelolaan zakat.(my/bd)