Guru, Jangan Lelah Upgrade Kompetensi

Kota Mungkid – Peningkatan kualitas guru (pendidik) berbanding lurus dengan peningkatan prestasi siswa (peserta didik). Pendidikan berkualitas dapat mencetak generasi penerus yang berkualitas pula. Salah satu kunci penting tercapainya pendidikan yang berkualitas salah satunya adalah kualitas guru. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Panut, dalam Pembinaan ASN (Aparatur Sipil Negara) Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Magelang pada hari Selasa, (08/02/2022) di Aula MTs Negeri 5 Magelang.

Dalam agenda acara tersebut, Panut menyoroti banyak hal terkait kedisiplinan ASN, kinerja ASN, absen kehadiran, disiplin administrasi guru dan pegawai guna menciptakan lingkungan pendidik yang mendukung berkembangnya prestasi  siswa.

Seorang guru adalah agen pembelajaran yang harus mampu menjadi fasilitator, perekayasa, dan motivator bagi siswa. Dengan kata lain, kualitas guru sangat menentukan tinggi rendahnya mutu pendidikan yang berpengaruh pada kualitas dan saya saing siswa. “Guru harus memperhatikan proses pembelajaran, melakukan evaluasi, analisis dan tindak lanjut sehingga perbaikan-perbaikan terus dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran,” kata Panut.

Upgrading yang dilakukan guru dalam pembelajaran harus dilakukan dalam rangka peningkatan proses belajar mengajar. “Salah satu langkah peningkatan proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan mengevaluasi metode mengajar. Guru jangan monoton, jangan latah, dan guru harus tertib,” ungkap Panut. Dalam proses mengajar guru tidak boleh monoton karena hal tersebut akan membuat siswa menjadi bosan, selain itu mengingat ilmu pengetahuan terus berkembang sehingga guru harus selalu upgrade pengetahuan. Guru tidak boleh latah, harus memiliki inovasi-inovasi yang merangsang siswa untuk selalu meningkatkan wawasan serta pengetahuannya. Yang tidak kalah penting dan mendasari pembentukan karakter siswa, guru harus disiplin, hal ini dapat membentuk karakter siswa menjadi disiplin dan tertib.

Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag memberikan tips supaya dipercaya siswa. Kepercayaan siswa terhadap guru sangat penting karena kepercayaan tersebut dapat memberikan motivasi sehingga penyerapan ilmu pengetahuan bisa maksimal. “Dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar guru dapat dipercaya oleh siswa sebagai sosok yang digugu lan ditiru. Salah satu langkahnya yaitu Upgrade penampilan guru menjadi lebih dinamis dan rapi, guru harus meningkatkan kedisiplinan, supervisi harus selalu dilaksanakan dan guru harus memiliki motivasi untuk meningkatkan prestasi dan mengembangkan potensi siswa,” papar Panut.

Penampilan guru yang dinamis dan rapi akan memberikan energi positif terhadap pembawaan guru sehingga akan memberikan performa didepan siswa. Supervisi yang dilakukan setiap periode juga akan menertibkan sistem pembelajaran, selain itu juga akan memberikan kepercayaan kepada siswa bahwa proses pembelajaran yang mereka dapatkan merupakan pembelajaran yang selalu terpantau sesuai dengan standar pembelajaran. Salah satu hal yang terpenting dalam rangka meningkatkan prestasi siswa adalah motivasi guru untuk menjadikan siswanya berprestasi. Hal ini akan mendorong siswa-siswa berlomba-lomba berpacu meraih prestasi.(FS/Sua)