Ikhtiar Maksimal Guna Menembus MAN IC

Kab. Pekalongan – Sebanyak 13 siswa MTs. Negeri 1 Pekalongan dalam dua hari ini mengikuti tes penerimaan peserta didik baru berbasis Computer Based Test (CBT) Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Ccendikia untuk periode Tahun Pelajaran 2022/2022. Tes yang berlangsung hari Sabtu dan Ahad (26 – 27 Februari) berlangsung secara online di lab. komputer MTs. N 1 Pekalongan dengan menerapkan prokes. Minggu, 27/2/2022.

Pelaksanaan CBT SNPDB terbagi atas 4 sesi. Sesi 1 dilaksanakan pada hari Sabtu 26 Februari pukul 07.3-11.30 WIB , dilanjutkan sesi 2 pukul 13.00-17.00 WIB. Sesi 3 dilaksanakn pada hari Ahad 27 Februari pukul 07.30 -11.30 WIB dilanjutkan sesi 4 pada pukul 13.00 -17.00 WIB. Siswa mengikuti test sesuai jadwal sesi tes masing-masing, yaitu 8 siswa melaksanakan sesi tes hari Sabtu dan 5 siswa untuk sesi hari Ahad.

Untuk materi CBT ini terdiri dari 3 tes yaitu tes kepribadian 12 soal, tes potensi belajar 50 soal, dan tes potensi akademik meliputi pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan IPA atau IPS tergantung jurusan yang dipilih sebanyak 75 soal.

Eni Muhanah, S.Pd., Wakamad Kurikulum MTs. N 1 Pekalongan  menjelaskan,”CBT SNPDB ini dimaksudkan sebagai seleksi nasional seluruh MAN IC, MAN PK, dan MAKN di Indonesia. MAN IC, MAN PK, dan MAKN merupakan Madrasah-madrasah unggulan dari Kemenag, sehingga dalam proses PPDB nya juga benar-benar dipantau dan diseleksi dengan ketat.” ujarnya.

“Berbeda dengan 2 tahun pelajaran sebelumnya model tes SNPDB ini dipusatkan di MAN IC dan tempat-tempat lain yang sudah ditentukan oleh pihak panitia, namun 2 tahun terakhir ini dikarenakan masih masa pandemi maka SNPDB ini dilaksanakan secara online dari tempat masing-masing peserta,” lanjut Eni Muhanah menjelaskan.

“CBT berjalan lancar, mudah-mudahan anak dapat mengerjakan tes dengan perolehan nilai tinggi sehingga bisa diterima dan belajar sesuai pilihan yang diinginkan.” pungkasnya.

Kepala MTs. N 1 Pekalongan Drs. H. Mukhlisin menyampaikan, “Dengan ikhtiar dan upaya maksimal dari siswa melalui pendampingan dan pembimbingan, kami sangat berharap dari 13 siswa yang mengikuti SNPDB MAN IC Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat lulus diterima di MAN IC. Lebih lanjut H. Mukhlisin  menyampaikan bahwa dengan adanya siswa MTs.N 1 Pekalongan yang diterima di MAN IC maka akan menjadi barometer mutu atau kualitas pendidikan di madrasah mengingat sangat ketatnya persaingan dengan jumlah pendaftar yang sangat banyak sedangkan yang diterima sangat terbatas, seperti MAN IC Pekalongan dengan daya tampung 96 siswa untuk 3 kelas. (US-IY/Ant/bd).