Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Anif Solikhin di dampingi Pejabat Humas bersilaturahmi dengan Ketua FKUB Wonogiri, H. Sutopo Broto

Ka. Kankemenag Wonogiri Lakukan Kunjungan Silaturahmi Ke Ketua FKUB

Wonogiri – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, H. Anif Solikhin di dampingi Pranata Humas bersilaturahmi dengan Ketua FKUB kabupaten Wonogiri, H. Sutopo Broto, Senin, (31/01) di Kantor kesekretariatan FKUB Wonokarto.

Ka. Kankemenag Wonogiri disambut hangat oleh Ketua FKUB, Menurut H. Anif silaturrahmi tersebut dilakukan dalam rangka perkenalan dan kulo nuwun kepada tokoh agama di kota gaplek, setelah dirinya di tugaskan di Kabupaten Wonogiri.

“Silaturahmi ini sangat penting sebagai sarana menyerap aspirasi umat, semakin banyak komunikasi dan silaturahmi itu semakin baik banyak saudara, sekaligus membangun sinergitas dalam menjaga kerukunan umat beragama agar berjalan dengan baik,” jelas H. Anif.

Beliau menegaskan komitmennya untuk selalu memperkuat peran dan fungsi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam menjaga kerukunan umat khususnya di Kabupaten Wonogiri, sesuai kapasitas dari Kemenag Wonogiri. 

“Keberadaan FKUB sangat penting di negeri kita, apalagi di Wonogiri yang memiliki penduduk yang beragam. Mari kedepan kita tingkatkan lagi sinergitas koordinasi dengan FKUB dan ormas keagamaan lainnya yang selama ini telah berjalan dengan baik,” harapnya.

“Semoga dengan sinergitas yang baik ini, kerukunan umat beragama di tengah keanekaragaman budaya yang merupakan aset dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia dapat terjaga. Sinergi FKUB dan Kemenag sangat banyak diantaranya kerukunan umat beragama, memberikan rekomendasi IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) rumah ibadah, pendidikan dan banyak hal yang saling bersinggungan,” tuturnya.

Keharmonisan dalam komunikasi antar sesama penganut agama menurut H. Anif  adalah tujuan dari kerukunan beragama, agar terciptanya masyarakat yang bebas dari ancaman, kekerasan hingga konflik agama.

Dalam kesempatan tersebut Ketua FKUB, H. Sutopo Broto mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Ka. Kankemenag Wonogiri, menurutnya selama ini alhamdulillah kerukunan umat beragama di kota Gaplek telah berjalan dengan baik tidak ada konplik umat beragama, tentunya semua itu berkat peran andil dan kordinasi para pemuka agama.

“Alhamdulillah kerukunan umat beragama di kota Gaplek telah berjalan dengan baik tidak ada konplik umat beragama, tentunya semua itu berkat peran andil dan kordinasi para pemuka agama,” ungkap H. Topo.(Mursyid/Sua)