Kantor Imigrasi, Kankemenag dan PT. Pos Wonosobo Maksimalkan Layanan Haji dan Umroh

Wonosobo – Usai terjalin sinergi antar Kankemenag Kab. Wonosobo dengan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo (Kanim Wonosobo), kaitannya dengan pelayanan pembuatan passport dengan layanan eazy passport, Kanim Wonosobo bersama dengan Kankemenag Kab. Wonosobo selanjutnya menggandeng PT. Pos Indonesia Kab. Wonosobo untuk permudah layanan pembayaran Id Billing Paspor.

Kerjasama yang melibatkan ketiganya, secara perdana dimulai pada hari Kamis, (3/02), saat dilaksanakannya pelayanan eazy passport bagi jamaah calon haji dan umroh, yang digelar di Aula Kankemenag Kab. Wonosobo.

Dwi Subrata, selaku Kasi PHU Kankemenag Kab. Wonosobo, menyampaikan pihaknya akan terus menjalin kerjasama lintas sektoral sebagai bentuk optimalisasi layanan haji.

“Jika diperlukan kerjasama dengan berbagai pihak, kami akan berupaya untuk menjalin kerjasama tersebut. Agar pelayanan Haji di Kankemenag Kab. Wonosobo ini semakin lebih baik dan kemudahan layanannya dirasakan langsung oleh jemaah,” tandas Dwi Subrata.

Terkait dengan keberadaan PT. Pos Indonesia Kab. Wonosobo, Dwi Subrata, menambahkan hal tersebut merupakan inisiasi dari Kanim Wonosobo. “Keberadaan PT. Pos ini merupakan inisiasi dari Kanim Wonosobo yang ingin melibatkan PT. Pos kaitannya pembayaran ID Billing Pasport. Inisiasi tersebut kami sambut baik karena tujuannya tidak lain sama-sama ingin memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat,” tandas Dwi.

Hal senada juga disampaikan oleh Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahamd Farid. Pihaknya menghimbau kepada seluruh seksi yang ada di Kankemenag Kab. Wonosobo untuk terus berinovasi dan bersinergi dalam upaya optimalisasi layanan.

“Sinergitas itu sangat diperlukan untuk memaksimalkan sebuah layanan pemerintah kepada masyarakat. Tidak hanya yang berkaitan dengan Haji dan Umroh, tetapi hampir semua layanan yang ada di Kankemenag juga membutuhkan yang namanya kerjasama lintas sektoral,” kata Farid.

Selanjutnya, terkait dengan keberadaan PT. Pos Indonesia Kab. Wonosobo pada pelaksanaan pelayanan eazy passport, Melati Senja, selaku Manager Jasa Keuangan PT. Pos Kab. Wonosobo menyampaikan, PT. Pos hadir untuk mempermudah pembayaran id billing passport,

“POS hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat Wonosobo, salah satunya untuk pelayanan pembayaran id billing pasport. Kemudahan ini diharapkan menjadi sebuah bentuk akuntabilitas 3 instansi ini kepada masyarakat,” kata Melati.

Selain layanan id billing passport, Melati, menambahkan POS juga melayani pembayaran PNBP Keimigrasian, pembayaran pajak MPNG3 dan pembayaran lainnya,

“Kami berharap masyarakat mengenal layanan pos, bahwa pos bisa melayani pajak dan lain sebagainya. Kedepannya masyarakat bisa datang langsung ke pos atau outlet-outlet kami yang tersebar luas diseluruh Kecamatan di Wonosobo atau dengan memanfaatkan aplikasi Pospay yang dapat diunduh di playstore,” imbuh Melati.(Ps-ws/Sua)