Kembangkan Kompetensi Guru, Seksi Penmad Gelar Rakor Dan Evaluasi

Kota Magelang – Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama mempunyai tugas melakukaan pelayanan, bimbingan teknis, pembinaan serta pengelolaan data dan informasi pada pendidikan madrasah. Untuk itu, Seksi Penmad Kemenag Kota Magelang menyelenggarakan Rapat Evaluasi Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Tahun 2022. Acara ini melibatkan 31 peserta baik kepala madrasah maupun para guru.(Kamis, 24/2).

Dalam sambutannya mewakili Kapala Kantor, Kasubbag TU Kankemeng Kota Magelang menegaskan, “Madrasah harus siap dengan berbagai perubahan, karena sejatinya yang abadi dalam dunia ini adalah perubahan. Untuk itu, apa pun kurikulum yang akan diberlakukan, para guru dan kepala madrasah harus siap belajar dan terus mengembangkan kompetensinya. Semoga para guru maupun siswa madrasah mampu menghadapi setiap perubahan serta menguasai bidang sains dan teknologi,”ujar Abdurrosyid.

Ketika menjadi pemateri, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang menyampaikan perlunya membangun sinergi antara Disdikbud dan Kemenag di Kota Magelang, baik dalam hal membangun SDM yang  unggul, menangani pandemi, memajukan pendidikan agama, maupun koordinasi dalam penanganan PPDB. Ia juga memberikan gambaran tentang kurikulum merdeka kepada para peserta rapat evaluasi ini.

“Madrasah memiliki nilai plus yang banyak dibandingkan sekolah karena memiliki nilai religius yang tinggi. Anak lulusan madrasah mayoritas sudah sudah mampu membaca, bahkan khatam Al-Qur’an. Ini menjadi nilai tambah saat anak-anak madrasah mau melanjutkan ke jenjang berikutnya,” terang Sugiyarti.

Sementara itu, ditemui disela-sela kegiatan yang sama Kasi Penmad Kementerian Agama Kota Magelang menyatakan bahwa pentingnya melakukan evaluasi dan apresiasi atas prestasi baik akademik maupun non-akademik. Madrasah harus terus meningkatkan prestasi, baik guru maupun siswanya dari tahun ke tahun. Jika, madrasah memiliki banyak prestasi, masyarakat tentu akan semakin percaya dengan madrasah. Apalagi madrasah sekarang semakin meningkatn jumlah muridnya.

“Kita sudah memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang berprestasi, semoga tahun-tahun mendatang Kemenag Kota Magelang selalu mendulang prestasi,” harapan Arif Yudha Himawan.

Rapat Evaluasi Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Magelang Tahun 2022 yang digelar di Hotel Trio  Jl. Jend. Sudirman No. 27, mampu memberikan pencerahan, motivasi dan perbaikan untuk Madrasah Hebat Bermartabat. (Lilik Fatkhu/Hari/rf)