Kembangkan Minat, Siswa Madrasah Kota Magelang ikuti Pelatihan Bidang Robotika

Kota Magelang – Hari ini Jum’at (4/2) di Aula MAN Kota Magelang dilangsungkan pelatihan bagi siswa madrasah untuk siapkan diri ikuti kompetisi robotik. Kompetisi robotik madrasah yang diadakan rutin setiap tahunnya diharapkan mampu mewujudkan generasi muda yang selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru, khususnya pada bidang robotika.

Ini adalah program unggulan tahunan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotics Competition (MRC) dalam jangka panjang kompetisi ini diharapkan menjadi pemantik sekaligus menjadi inspirasi bagi lahirnya ahli-ahli robotika yang Islami.

Disela kesibukannya meninjau kesiapan siswa MAN Kota Magelang, Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Magelang menyampaikan bahwa kompetisi robotik madrasah adalah ajang kompetisi robot untuk pendidikan madrasah di semua tingkatan. Baik jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Melalui ajang ini, pada siswa madrasah diharapkan bisa mengembangkan kreativitas yang dimiliki. Ujar Arif Yudha Himawan.

“Siswa madrasah harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin agar mampu berkompetisi dibidang teknologi. Kedepan, disetiap bidang pekerjaan akan didominasi oleh penggunaan teknologi. Siapapun yang menguasai, dan mengendalikan teknologi akan memiliki peluang sukses yang lebih besar,” jelas Arif kemudian.

Lebih dari 30 siswa madrasah baik negeri maupun swasta disemua jenjang sejak pagi mengikuti acara ini dengan antusias. Mereka adalah siswa-siswi yang memiliki ketertarikan bidang robotika. Diharapkan dengan penyelenggaraan pelatihan semacam ini dapat menumbuhkan semangat dan dapat mendongkrak prestasi secara maksimal. (Hari/rf).