Kemenag Kab.Tegal Salurkan Bantuan Untuk Korban TanahBergerak

Slawi –  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, melalui keluarga besar Bimas Islam Kankemenag Kab. Tegal menyampaikan bantuan kepada korban tanah bergerak yang terjadi di dua desa yaitu Desa Dermasuci Kec. Pangkah dan Desa Padasari Kec. Jatinegara, Rabu 23 Februari 2022. Kegiatan ini diprakarsai oleh Penyuluh Agama Islam dan Penghulu se-Kab. Tegal, sebagai bukti solidaritas atas musibah tersebut.

Bantuan tunai diberikan oleh kasi bimas Islam Kab. Tegal H. Syaifudin Zuhri dan diterima langsung oleh korban. Usai memberikan bantuan, rombongan meninjau rumah-rumah warga yang rusak parah terkena dampak tanah bergerak.

Bakti Sosial dilaksanakan secara berbarengan, dimulai dari Dermasuci kemudian berlanjut ke Padasari. Intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini menyebabkan pergerakan tanah yang sangat signifikan.  Bencana tanah bergerak terjadi hampir bersamaan baik di Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah maupun di Desa Padasari Kecamatan Jatinegera. Sebanyak 448 rumah mengalami kerusakan, dan 1000 orang masih mengugsi. Selain merusak rumah warga, bencana tanah bergerak juga merusak Gedung SMP Maarif NU Padasari dan Ponpes Al Adalah. Kerusakan rumah warga Padassri tersebar di beberapa titik, yakni di RT 06 sampai RT 18 RW. 02, 03 dan 03.

“Bantuan yang kami berikan adalah sebagai wujud keprihatinan dan solidaritas semoga bisa ikut membantu meringankan beban saudara kita yang turut menjadi korban dari bencana ini,” pungkas H. Syaifuddin Zuhri.

Turut hadir dalam kegiatan ini, penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam FKPAI Kec. Pangkah dan Kec. Jatinegara, Pokjaluh, dan APRI Kab. Tegal. (Kontributor : Azhar/bf)