Kepala RA se-Kota Magelang ikuti Rakor Sosialisasi BOP  

Kota Magelang – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Magelang melakukan Sosialisasi Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Raudhatul Athfal Tahun 2022 di RM. Joglo Ngembik Kelurahan Kramat Selatan Kecamatan Magelang Utara, (Rabu, 9/2).

Kepala Kankemenag Kota Magelang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi adalah untuk meningkatkan manajemen dan administrasi serta menyampaikan permasalahan yang terkait dengan BOP pada Raudhatul Athfal (RA).

“Sosialisasi BOP ini dilaksanakan untuk mengurangi dan meminimalisir kesalahan penggunaan dana, serta pedomani petunjuk teknis yang telah diterbitkan oleh Dirjen Pendis. Gunakan pengalaman pengelolaan tahun lalu untuk diterapkan tahun ini, sehingga menjadi lebih baik,” ujar Sofia Nur.

“Para kepala RA harus kreatif dalam memanage segala sumber daya yang ada untuk meningkatkan kualitas peserta didiknya. Berinovasilah sesuai dengan situasi yang ada sehingga ketika diterapkan tepat guna dan berhasil guna. Terkait dengan masalah dana, saya berharap para kepala RA tidak hanya menggantungkan diri dengan pemerintah semata. Jalinlah kerjasama yang baik dengan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan solusi,” pesan Sofia kemudian.

Kasi Penmad KanKemenag Kota Magelang juga mengingatkan kepada seluruh penanggung jawab dana BOP agar benar-benar memperhatikan petunjuk teknis Dirjen Pendis Nomor 6065 tahun 2021. “Pelajari Juknis BOP secara tuntas, cermati komponen pembiayaan, buat laporan pertanggung jawaban pengelolaannya. Para Kepala RA harus mengedepankan 5T yakni Tepat aturan, Tepat waktu, Tepat jumlah, Tepat sasaran dan Tepat penggunaan. Jika ada yang belum bisa difahami segera sampiakan ke admin agar tidak menimbulkan salah tafsir,” terang Arif Yudha Himawan.

Rakor yang dihadiri oleh 15 kepala RA se-Kota Magelang beserta adminnya tersebut diharapkan bisa memberikan pencerahan ketika meraka melakukan pencairan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangannya. Selain itu, hadir pula pengawas madrasah Kankemenag Kota Magelang yang saat itu juga berkenan memberikan materi untuk optimalisasi pembelajaran di RA. (Hari/rf).