KSM dan AKSIOMA MIN Kabupaten Magelang, Ajang Asah Prestasi

Kota Mungkid – Warga MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) Se-kabupaten Magelang yang terdiri dari guru, siswa, dan pendamping lomba memadati MI Negeri 2 Kabupaten Magelang pada hari rabu, (09/02/2022) untuk mengikuti penutupan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan  Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat MIN Se-kabupaten Magelang tahun 2022 yang dilaksanakan selama dua hari pada Rabu-Kamis (08-09/02/2022). Gelaran AKSIOMA dilaksanakan pada  hari selasa (08/02/2022) dan KSM dilaksanakan pada hari Rabu, (09/02/2022). Kegiatan ini merupakan kegiatan dua tahunan yang dilaksanakan oleh MIN Se-Kabupaten Magelang.

Pelaksanaan kegiatan AKSIOMA tingkat kabupaten Magelang diikuti oleh 224 peserta didik MI Negeri Se-Kabupaten Magelang. Widadi selaku Ketua Panitia kegiatan mengatakan, “Cabang lomba dari bidang olah raga terdiri dari Catur, Atletik, Badminton dan Tenis Meja. Sedangkan dari bidang seni, terdiri dari Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Jawa, Tilawah, Murrotal, Tahfidz dan kaligrafi,” jelas Widadi.

Untuk KSM ada dua cabang yaitu Sains Terpadu Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi. Dari dua cabang KSM, diikuti oleh 3 orang delegasi dari setiap MIN pada masing-masing cabang” kata Widadi. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan ketat mengingat kegiatan berlangsung pada masa pandemi.

Pemenang Aksioma dan KSM MI Negeri tingkat Kabupaten yang memperoleh juara 1, 2 dan 3 berhak mendapatkan Trophy dan Piagam. Dari perlombaan yang telah dilaksanakan Juara umum diraih oleh MIN 4 Magelang dengan perolehan medali emas 7, medali perak 7, dan medali perunggu 1 disusul MIN 5 Magelang dengan perolehan medali emas 5, medali perak 6 dan medali perunggu 5. Di urutan ke 3 ada MIN 1 Magelang dengan 4 medali emas, 2 medali perak, 2 medali perunggu.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, PANUT, berkesempatan untuk melakukan monitoring kegiatan lomba KSM dan AKSIOMA. Monitoring dilakukan sebelum beliau menutup kegiatan dalam upacara penutupan.

Dalam amanatnya, Panut menyampaikan bahwa hal ini merupakan sebuah bentuk apresiasi bagi peserta didik yang telah berjuang dan membuahkan hasil yang terbaik. Selain itu, dapat memicu peserta didik lain agar terus semangat dan berkembang.

“Dan selanjutnya, yang menjadi pemenang merupakan duta sekaligus menjadi perwakilan dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-kabupaten Magelang. Dan yang tidak kalah pentingnya, anak-anak harus tetap bahagia dan tetap semangat” papar Panut

Panut mengharapkan setiap peserta didik selalu berperan aktif dalam setiap event perlombaan. ”Jangan lupa setiap event perlombaan pastikan selalu berperan serta untuk mengikuti, kalian sebagai generasi penerus, generasi masa depan bangsa terutama di Kabupaten Magelang ini, memiliki peran penting dalam memajukan kehidupan rakyat yang ada di Magelang,” ungkapnya.

“Saya yakin yang disini adalah calon-calon pemimpin yang ada di kabupaten Magelang,” lanjut Panut memberikan motivasi kepada peserta didik MI Negeri Se-kabupaten Magelang.

Dalam rangkaian agenda yang sama, Kasi Penmad Kankemenag Kabupaten Magelang Hedi Riyanto, juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas partisipasi Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se Kabupaten Magelang  dalam menyukseskan Aksioma dan KSM MIN tingkat Kabupaten.(FS/Sua))