Membangun Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Agama Islam

Kakanwil mengukuhkan pengurus KKG PAI – SD Jateng didampingi oleh Kabid PAIS serta Plt. Sub. Koordinator PAI SD pada hari Kamis, 17 Februari 2022.

Semarang (Humas) – Kanwil Kemenag Prov. Jateng menjadi tempat pengukuhan Pengurus Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI – SD) Prov. Jateng periode 2022 – 2025. Sebanyak 7 orang perwakilan dari pengurus resmi di kukuhkan oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng pada hari Kamis, 17 Februari 2022.   

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kakanwil Kemenag Prov. Jateng No. 23 Tahun 2022 tentang penetapan pengurus KKG PAI – SD Prov. Jateng   periode 2022 – 2025, yang terpilih sebagai Ketua yaitu Siti Kusrini.

Kelompok Kerja Guru PAI adalah tempat pertemuan dan sharing para guru PAI Sekolah Dasar dalam berbagai permasalahan profesionalitas guru yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan kegiatan belajar mengajar.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil mengajak para guru PAI agar dapat membangun dan menjaga karakter siswa dalam pendidikan beragama.

“Guru harus menjadi pengajar yang baik, pelindung yang baik bagi anak- anak. Guru juga harus menjadi coach, mentor yang baik dalam membangun karakter melalui pendidikan agama. Siswa yang berada ditingkat SD maupun MI memiliki daya ingat yang kuat, apa yang guru ajarkan sangat pokok dalam membangun persepsi dan karakter setelah dewasa nanti. Jadi para guru harus benar – benar dipupuk dan menjaga siswa-siswinya dalam membangun karakter melalui pendidikan agama,” kata Musta’in.

Tugas dan fungsi guru sangat penting, KKG PAI bersama-sama untuk saling memfasilitasi dan saling berkoordinasi dalam kemajuan pendidikan agama khususnya di Jawa Tengah “Mendayagunakan kelompok kerja ini dengan se – efektif mungkin untuk meeninkatkan kualitas kerja,” imbuh Musta’in.  

Turut hadir Kabid PAIS, Imam Bukhori, Plt Sub. Koordinator PAI SD, Muh Arif Hanafi beserta para pengurus KKG PAI – SD Prov. Jateng. kegiatan ini berjalan dengan lancar dan khidmat. (d/rf)