Menuju Penilaian TPI, Kemenag Kendal Raih Peringkat Empat

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal lolos pada penilaian pendahuluan oleh Tim Penilai Pendahuluan (TPP) dalam program pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM tahun 2022. Dengan perolehan Nilai Total Komponen Pengungkit (NKP) 55,17 kemenag Kendal berhasil menduduki peringkat 4 dari 59 satuan kerja lainnya seluruh Indonesia. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemenag RI dalam kegiatan Exit Meeting PMPZI secara daring, Rabu (9/2).

Mendengar berita baik tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, H. Mahrus mengucap rasa syukur dan berterimakasih atas kerjasama yang baik seluruh jajaran dan ASN di lingkungan kantor.

“Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua bisa membawa Kemenag Kendal ada di peringkat keempat, namun kita jangan puas sampai disini karena perjuangan masih panjang. Tetap teguhkan komitmen membangun Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM,” tuturnya.

Penilaian pendahuluan berfokus pada komponen pengungkit pada 6 area perubahan baik pada pengungkapan eviden maupun relevansi antara jawaban dengan eviden yang disajikan. Pada tahun 2022 ada sebanyak 299 satker calon pilot project yang melakukan submitting pada tahap awal, namun sangat disayangkan hanya 59 satker yang lolos ke tahap berikutnya.

Selain NKP, satker pilot project juga wajib memenuhi NKH yang terdiri dari survey persepsi anti korupsi, survey kepuasan pelayanan publik dan saldo TLHP bernilai nihil. Komponen itu disurvey oleh Itjen Kemenag RI melalui uji publik dengan tentasi pada 2022 ini.(bel/rf)