Penguatan Peran Kader Adiwiyata Melalui Kegiatan Apel Pagi

Kab. Pekalongan – Senin pagi (14/2/2022) menjadi hari yang sangat istimewa bagi seluruh siswa MTsN 2 Pekalongan yang menjadi kader adiwiyata. Pada pagi itu, mereka mengikuti apel pembinaan dalam rangka penguatan peran dan persiapan gerakan PBLHS. Apel diikuti oleh kader adiwiyata yang berasal dari OSIS serta 23 kelas. Masing-masing kelas mengirimkan delegasi sejumlah 9 anak untuk menjadi kader adiwiyata. Tampak hadir pula bapak ibu guru yang menjadi koordinator pelaksanaan PBLHS.

Dalam amanatnya, Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh kader adiwiyata yang akan menjadi ujung tombak pelaksanaan Gerakan PBLHS (Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah). Ketika Imam menanyakan kesiapan para siswa untuk menjadi kader, mereka semua serempak menjawab “Siap!”.

Imam juga menyampaikan pengarahan kepada para kader adiwiyata untuk dapat menjalankan peran sesuai tugasnya masing-masing dengan penuh tanggung jawab. Ia juga meminta kepada bapak ibu guru koordinator untuk membimbing dengan sabar agar para kader dapat membiasakan dirinya berperilaku ramah lingkungan seperti menjaga kebersihan, melakukan penghijauan, hemat air dan energi, mengolah sampah, hingga membangun jaringan dengan masyarakat dengan cara mengkampanyekan gerakan PBLHS.

“Semoga, apa yang kita usahakan ini menjadi  bekal yang baik bagi masa depan para siswa. Peduli terhadap lingkungan mutlak harus kita ajarkan agar mereka sadar dan paham akan tanggung jawab menjaga bumi ini. Merekalah pewaris bumi ini selanjutnya. Maka, marilah kita latih agar mereka memiliki jiwa yang peduli terhadap alam sekitar.” pungkasnya.(Why/Ant/bd).