Pesiapan Imtihan Wathani Tahun Ajaran 2022 di Lingkungan Kanwil Kemenag Jateng

Semarang (Humas) – Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Pontren) Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Nur Abadi memimpin kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan UAPDFBN/Imtihan Wathani Tahun Ajaran 1442/1443 H bagi santri Pendidikan Diniyah Formal (PDF) pada Hari Rabu 23 Februari 2021, bertempat di Ruang Rapat PTSP.

Imtihan Wathani ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2018 dengan model ujian Paper Best Test (PBT). Peserta Imtihan Wathani di Jawa Tengah berjumlah 1.302 (Seribu Tiga Ratus Dua) yang terdiri dari 7 (Tujuh) Lembaga Jenjang Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha sejumlah 773 (Tuju Ratus Tujuh Puluh Tiga) santri dan 12 (Dua Belas) Lembaga dengan jumlah 529 (Lima ratus Dua Puluh Sembilan) santri. Pelaksanaan selama 3 hari mulai dari tanggal 26 – 28 Februari 2022 dengan model Computer Best Test (CBT) dan Paper Best Test (PBT).

Pendidikan Diniyah Formal merupakan pindidikan pesantren yang diselenggarakan pada jalur pendidikan formal sesuai dengan ciri khas pesantren yang berbasis kitab kuning secara berjenjang dan terstuktur. Saat ini ada tiga jenjang PDF yaitu Ula (setara MI/SD), Wustha (setara MTs/SMP), dan Ulya (setara MA/SMA/SMK).  

Nur Abadi menyampaikan untuk data persyaratan peserta diharapkan ditata dan disiapkan sebaik mungkin mulai dari sarana dan prasarana, administrasi.

“Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, diharapkan semua yang terlibat didalamnya, disiapkan sebaik mungkin, dicek dan kroscek semuanya baik dari sarana dan prasarana hingga administrasi peserta, supaya nanti ketika hari pelaksanaan tiba dapat berjalan dengan lancar,” kata Abadi.

“Harapanya di ujian yang akan datang para peserta akan lebih bertambah banyak jumlahnya,” imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Kankemenag Kab. Kendal, Kankemenag Kab. Pekalongan, Kankemenag Kab. Batang, Kankemenag Kab. Wonosobo, Kankemenag Kab. Tegal, Kankemenag Kab. Pati, Kankemenag Kab. Jepara, Kankemenag Kab. Kebumen, Lembaga PDF APIK Kab. Kendal, Lembaga PDF Walindo Kab. Pekalongan, Lembaga PDF Darul Ulum Kab. Batang, Lembaga PDF Al-Mubarok Kab. Wonosobo, Lembaga PDF Attauhidiyah Kab. Pati, Lembaga PDF Al-Kautsar Kab. Pati, Lembaga PDF Al-Falah Kab. Jepara, Lembaga PDF Nurul Hidayah Kab. Kebumen. (d/rf)