PHU Serahkan Kembali Mahasiswa PPL UIN Walisongo

Semarang (PHU) – Sebanyak 6 mahasiswa Prodi Manajemen Haji dan Umrah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang selama 1 bulan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Aula Rapat Bidang PHU lantai 1 digelar acara penyerahan kembali Mahasiswa PPL UIN Walisongo Semarang ke pihak kampus melalui Dosen Pembimbing Lapangan, Anasom.

Perwakilan dari Bidang PHU, Subkoordinator Seksi Transportasi, Perlengkapan dan Akomodasi Haji Reguler, Muhammad Syafiq mengatakan bahwa dirinya sangat berterimakasih kepada UIN Walisongo Semarang yang selama ini memberikan kepercayaan sebagai mitra untuk dapat membina dan membimbing mahasiswanya setiap tahun.

“UIN Walisongo sebagai salah satu Universitas yang memiliki Prodi Manajemen Haji dan Umrah ini setiap tahunnya kami dipercaya sebagai mitra dalam praktek pengalaman lapangan mahasiswanya untuk dapat mengimplementasikan ilmunya yang diperoleh, maka patut kami berterimakasih atas kepercayaan tersebut,” ucap Muhammad Syafiq, Senin (14/02).

“Mungkin saja dengan pengalamannya saat ini walaupun dalam waktu yang singkat selama kurang lebih satu bulan, harapan kami apapun yang didapatkan selama di Bidang Haji, silahkan untuk dipraktekkan dengan sebaik-baiknya di tengah masyarakat sebagai tempat mengabdikan diri,” sambungnya. 

“Untuk itu kami sampaikan apabila ada kekurangan, kekhilafan dalam bimbingan dan pembinaan mahasiswa selama ini kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, ceritakanlah yang baik-baik dan simpanlah yang jeleknya,” ungkapnya mengakhiri sambutan.

Hal senada diungkapkan Dosen Pembimbing Lapangan, Anasom dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Bidang PHU karena telah menerima dan mempercayakan para mahasiswanya untuk dapat melaksanakan PPL di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

“Saya sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak Kanwil Kemenag khususnya Bidang PHU yang telah menerima, membimbing dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa kami dengan baik,” kata Anasom.

“Saya berharap agar para mahasiswa dapat terus mengembangkan kompetensi dirinya dengan memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran dan pengalaman selama PPL disini,” imbuhnya.

“Maka pada kesempatan ini izinkan kami untuk menarik kembali 6 mahasiswa kami untuk kita bina kembali menyelesaikan tugas-tugas lainnya yang masih menunggu di kampus, sekali lagi terima kasih untuk Bidang PHU yang telah membimbing mahasiswa UIN Walisongo Semarang,” pungkasnya.

Perpisahan diakhiri dengan penyerahan cinderamata, serta foto bersama sebagai simbolis penarikan mahasiswa PPL UIN Walisongo Semarang di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.(vd/Sua).