Rapat Kerja Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Temanggung

Temanggung – Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar rapat kerja tahun 2022. Hadir dalam Raker ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kasi Pendidikan Madrasah beserta staf, jajaran pengawas madrasah,dan pengurus kelompok kerja kepala madrasah mulai dari jenjang RA, MI, MTs dan MA. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Makan Kampung Terasi Jumo, Rabu ( 2/2 ).

H. Ahmad Sugijarto, selaku Kasi Pendidikan Madrasah dalam laporannya menyampaikan hasil monitoring tahun 2021. Diantara hasil monitoring di madrasah yang ditemukan adalah kegiatan tidak sesuai juknis BOS atau BOP, dokumen pendukung LPJ BOS atau BOP sebagian belum ada, administrasi di madrasah sebagian besar belum tertib, serta banyak PTK yang lupa mengisi presensi.

Lebih lanjut Ahmad Sugijarto menegaskan bahwa untuk mensikapi dalam penyusunan PTK yang lupa presensi, yang mengakibatkan dalam aplikasi simpatika presensi PTK menjadi merah, maka dibuatkan link presensi dengan menggunakan password.

“Apresiasi untuk madrasah berkaitan dengan perkembangan siswa madrasah saat PPDB tahun pelajaran 2021/2022. Data yang dihimpun berkaitan dengan perkembangan siswa madrasah tahun 2022 tingkat RA sebanyak 8.924 siswa, MI sebanyak 19.998 siswa, MTs sebanyak 8.246 siswa, dan MA sebanyak 4.256 siswa,“ ujarnya.

Program kerja pendidikan madrasah untuk tahun 2022-2024 dipaparkan diantaranya : pelaksanaan EDM dan e-RKAM, asesmen kompetensi siswa indonesia, kebijakan pengembangan keprofesian berkelanjutan, penguatan sistem pendukung pengembangan kualitas dan perbaikan aplikasi.

Diakhir paparannya Kasi Pendidikan Madrasah menyampaikan beberapa program tahun 2022 yang dianggarkan dari DIPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, diantaranya berupa : rakor penyusunan regulasi penilaian, sosialisasi penyusunan soal ujian madrasah, workshop peningkatan kompetensi guru, sosialisasi BOP/BOS dan monitoring BOS atau BOP serta adminisrasi madrasah.

Dalam raker ini juga disampaikan hasil kegiatan dari program kerja masing-masing pengurus kelompok kerja kepala madrasah tingkat Kabupaten Temanggung mulai dari jenjang RA, MI, MTs, dan MA beserta program kerja yang akan datang di tahun 2022.

Sementara pada kesempatan yang sama H. Ahmad Muhdzir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dalam sambutan dan pembinaannya menyampaikan bahwa raker ini sebagai bentuk tanggung jawab dalam peningkatan kualitas madrasah. Masing-masing jenjang pendidikan yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung diharapkan saling suport dan bersinergi yang harmonis dalam mendukung program madrasah sehingga akan terwujud madrasah hebat bermartabat dan mandiri berprestasi.

Tidak kalah pentingnya Beliau mengharap kepada semua lembaga pendidikan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung untuk mendukung program Zona Integritas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

 “Wujud komitmen madrasah dalam dukungan pembangunan Zona Integritas ini diantaranya dengan memasang banner berupa slogan dukungan Zona Integritas,” pintanya. Di akhir rapat kerja ditandai dengan penandatanganan MoU antara UNSIQ Wonosobo dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dalam rangka peningkatan kompetensi SDM dan karir ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung berupa studi S2.(sr/rf)