Sambut Hari Raya Nyepi 2022, Umat Hindu Akan Gelar Tawur Agung Sasih Kesanga di Candi Prambanan

Semarang (Humas) – Dalam rangka menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944, Bimas Hindu Kanwil Kemenag Prov. Jateng melakukan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Tawur Agung Sasih Kesanga di Ruang Rapat PTSP, Rabu (23/2).

Rencananya Tawur Agung Sasih Kesanga akan deselenggarakan dan dipusatkan di Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2 Maret 2022. Hal ini disampaikan oleh I Dewa  Made Artayasa selaku Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

“Beberapa rangkaian kegiatan telah kita lakukan bersama secara gotong royong. Pertama, kita menggelar kegiatan bersih-bersih candi  di lingkungan Candi Sewu dan Candi Plaosan  pada 13 Februari 2022 dan kegiatan Melasti atau penyucian diri di sumber air Umbul Geneng, Kab. Klaten pada 20 Februari 2022,” tutur I Dewa.

“Bersyukur pada kegiatan bersih-bersih candi dilakukan oleh umat lintas agama. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat dapat hidup rukun dalam perbedaan, ” imbuhnya.

Dalam konsep ajaran Tri Hita Karana, rangakaian ritual ini dimaksudkan untuk menyelaraskan hubungan dengan tiga elemen yakni hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta. Adapun tujuan dari ritual tersebut untuk membersihkan dan mewisuda bumi sebelum Hari Suci Nyepi, ketika seluruh umat Hindu akan melaksanakan tapa brata penyepian.

I Dewa juga menuturkan terkait pelaksanaan Tawur Agung Sasih Kesanga akan diikuti oleh 800 peserta yang terdiri dari pejabat, panitia dan umat Hindu yang merayakan bersama. Maka dari itu, I Dewa berpesan supaya seluruh panitia dapat mempersiapkan kegiatan hingga ke detail terkecil sekalipun dan berfokus pada kesehatan seluruh peserta dengan melaksanakan protocol kesehatan dengan sangat ketat.

“Mengingat bahwasanya kita masih dalam keadaan pandemi  covid-19, maka saya ingin seluruh rangkaian kegiatan Tawur Agung dapat diselenggarakan dengan baik dan penerapkan protocol kesehatana dengan sangat ketat. Fokus utama tetap pada kesehatan para peserta,” tutur I Dewa.

Tampak hadir dalam rakor, Nurzaini Wahyu Widodo selaku Subkoordinator Bagian Umum dan Humas yang akan memngatur terkait keprotokolan dan kehumasan pada saat kegiatan Tawur Agung Sasih Kesanga akan dilaksanakan.  Seluruh panitia berharap supaya seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan seluruh umat Hindu di Jawa Tengah dapat terlayani dengan baik pula. (da/rf)