Satker Jateng Siap, Ikuti Pemeriksaan Laporan Keuangan Kemenag TA 2021

Semarang (Humas) – Kanwil Kemenag Prov. Jateng melakukan Entry Meeting bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Agama Tahun Anggaran (TA) 2021, yang bertempat di Ruang Rapat Lt. 2, Kanwil Kemenag Jateng pada hari Kamis (24/2).   Acara ini dilakukan secara daring dan luring.

Maksud dan tujuan dari Entry Meeting ini agar terwujudnya  pengelolaan keuangan negara yang  tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

Di kesempatan kali ini Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad menegaskan kepada Satker di Lingkungan Jateng untuk mempersiapkan, saling bersinergi dan berkolaborasi untuk menyukseskan program tersebut.

“Kepada seluruh satker , kita semua punya tanggung jawab atas apa yang telah dikerjakan pada tahun 2021 khusunya di Keuangan. Satker Jateng siap dalam mensukseskan program ini, karena sudah di prepare jauh-jauh hari. Terus jalin koordinasi, bersinergi, serta berkolaborasi,” tegasnya.

Tim Audit BPK RI, yang dalam hal ini diketuai oleh Sub Tim, Enggar H. Nugroho, menyampaikan dalam mekanismenya, Laporan keuangan ini wajib disampaikan kementerian/lembaga (K/L) kepada Kementerian Keuangan untuk selanjutnya dikonsolidasikan menjadi LKPP (Laporan Keuangan Pemerintah Pusat).

Terkait jadwal pelaksanaan pemeriksaan di Lingkungan Satuan Kerja (Satker) Jateng sebagai berikut tanggal 24 Februari – 3 Maret 2022 ( Kanwil Kemenag Jateng dan UIN Walisongo Semarang),  4  – 9 Maret 2022 (IAIN Pekalongan dan Kemenag Kota Pekalongan), 10  – 13  Maret 2022 (IAIN Salatiga), 14 – 17 Maret 2022 (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Adapun lingkup pemeriksaan dilakukan atas Laporan Keuangan Kemenag Tahun 2021 meliputi Laporan Realisasi Anggaran (LRA), NERACA, Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

Hadir secara luring Kabid Pontren, Kabid Urais, Pembimas Hindu & Plt. Bimas Buddha, Pembimas Kristen, Pembimas Katolik, Sub Koordintar Bidang PHU, Sub Koordinator Guru di Bidang Penma, Sub Koordinator Pamong Budaya di Bidang PenaisZawa, Sub. Koordinator Bagian Keuangan di Lingkungan Kanwil Kemenag Jateng, Tim BPK RI.  Selain itu hadir juga secara daring Kabag TU Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Kakankemenag Kota Pekalongan, Perwakilan dari UIN Walisongo Semarang, UIN Raden Mas Said Surakarta, IAIN Salatiga dan Pekalongan. (d/rf)