Sinergitas Lintas Sektoral, Mudahkan Layanan Pasport Jamaah Calon Haji

Wonosobo – Salah satu upaya memberikan pelayanan Prima kepada Masyarakat, Kankemenag Kab. Wonosobo melalui Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), gandeng Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo, kembali melaksanakan pelayanan Eazy Pasport bagi Jamaah Calon Haji.

Pelayanan pembuatan passport dengan layanan Eazy Pasport cetusan Kanim tersebut dihelat di Aula Kankemenag Kab. Wonosobo, pada hari Kamis, (3/02), dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Kasi PHU, Dwi Subrata, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, sedikitnya terdapat empat puluh dua jamaah calon haji dan Umroh yang datang untuk melakukan pembuatan passport.

“Hari ini ada empat puluh dua orang yang hadir sebagai pemohon layanan eazy passport, yang sudah terdaftar di Kankemenag Kab. Wonosobo. Harapannya dengan adanya layanan eazy passport di Kankemenag ini, dapat membantu memudahkan jamaah untuk pembuatan Pasport,” kata Dwi.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas sinergi lintas sektoral antar Kankemenag Kab. Wonosobo dan Kanim Wonosobo kaitannya dengan layanan paspor bagi jamaah calon haji. “Kami berharap sinergi ini akan terus terjalin dengan baik sehingga bersama-sama kita mudahkan pelayanan bagi masyarakat,” tandasnya.

Sebelum layanan Eazy Passport dimulai, acara terlebih dahulu diawali dengan sosialisasi mengenai Pelayanan Eazy Passport terkait prosedur pengambilan biometric oleh Kasubsi Teknologi dan Informasi Keimigrasian, Yogi Aji Saptono.

Senada dengan Dwi Subrata, dalam kesempatan tersebut, Yogi, juga menyampaikan bahwa tujuan dari sinergitas antara Kantor Imigrasi dan Kementerian Agama untuk memudahkan masyarakat dalam hal mendapatkan pelayanan publik.

Terkait sinergi yang sudah terbangun, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, saat ditemui diruangannya pada hari yang sama, mengucapkan terimakasih dan berharap kerjasama tersebut terus terjalin dengan baik.

“Dalam hal pelayanan masyarakat sudah menjadi kewajiban bagi instansi atau lembaga pemerintahan untuk terus berinovasi menciptakan layanan terbaik, cepat, mudah, dan prima. Saya harap kerjasama lintas sektoral ini menjadi bagian penting dalam mempermudah layanan kepada masyarakat dan kedepannya semakin lebih baik,” tandas Farid.

Selain menggandeng Kanim Wonosobo, pada kesempatan yang sama Kankemenag Kab. Wonosobo bersama Kanim juga menggandeng PT. Pos Indonesia Kab. Wonosobo kaitannya degnan pembayaran PNBP Keimigrasian.(Ps-ws/Sua)