Ukir Prestasi Melalui Olimpiade Fisika Tingkat Nasional

Kab. Pekalongan – Prestasi berturut-turut diukir di pekan kedua oleh satu siswa MTsN 2 Pekalongan bernama Rico Juliansyah. Siswa kelas 8A yang juga merupakan Ketua OSIS itu baru-baru ini kembali meraih gelar juara di tingkat Nasional, yakni pada Olimpiade Fisika tingkat SMP/MTs. Kompetisi yang ia ikuti secara online ini telah dilaksanakan pada tanggal 5 Februari 2022.

Penyelenggaranya yakni Smart Student telah mengantongi ijin resmi nomor 010/SK/NEO-SS/XII/2021. Sementara itu, pengumuman kejuaran dirilis oleh panitia pada 8 Februari 2022 melalui akun media sosial penyelenggara, dan diketahui bahwa Rico tercatat sebagai peraih medali Perak.

Kepada tim redaksi, Rico menuturkan bahwa soal-soal yang ia kerjakan pada saat pelaksanaan lomba merupakan soal dari bidang IPA terutama fisika terdapat pada materi kelas 7 dan 8 serta kelas 9 yang ia pelajari berkat bimbingan gurunya.

“Beberapa soal terdapat materi tentang Gerak, Suhu dan Kalor, Listrik, Gaya dan Tekanan, Pesawat Sederhana, hingga kemagnetan. Alhamdulillah, saya berkesempatan mengasah kemampuan IPA melalui olimpiade fisika ini, “ tuturnya.

Pembimbing mapel IPA, Tri Desy Susanti, S.Pd. menambahkan, kompetisi yang telah diikuti Rico tentu memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah dengan adanya variasi soal yang disajikan pastinya akan menambah pengalamannya dalam menyelesaikannya.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Pekalongan juga menyampaikan apresiasinya kepada Rico.

“Selamat dan sukses kepada Rico atas medali perak yang telah diraih pada olimpiade fisika ini. Bagi sebagian siswa, fisika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Namun, Rico bisa membuktikan bahwa dengan belajar dan berjuang keras, maka prestasi bisa diraih. Dalam hal ini dalam menaklukan soal-soal Fisika. Semoga semakin ke depan, kemampuan Rico semakin bertambah terutama dalam bidang akademik sehingga akan dapat mengukir prestasi dan menjadi pelajar yang berkualitas.” ujarnya penuh harap. (Why/Ant/bd).