Warung Sawahan Asinan Jadi Binaan BAZNAS Kab. Semarang

Ungaran – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Semarang resmikan renovasi Warung Sawahan Desa Asinan Kecamatan Bawen, Kamis, (17/2) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BAZNAS Kabupaten Semarang, Munashir juga menyerahkan bantuan sejumlah Rp.81,5 juta kepada 43 orang pemilik lapak kuliner Warung Sawahan di Dusun Semurup Desa Asinan Kecamatan Bawen.

Dikatakannya, bantuan sejumlah Rp.81,5 juta tersebut diserahkan dalam bentuk uang tunai bagi para pedagang, masing-masing senilai Rp.1,5 juta dan sisanya untuk perbaikan sarana prasarana yang mendukung berjalannya lapak Sawahan Desa Asinan sebagai desa wisata.

“Harapan kami tentu agar para pedagang di Warung Sawahan ini bisa memperoleh tambahan modal usaha, supaya geliat ekonomi masyarakat yang selama dua tahun terakhir sepi karena pandemi Covid-19 bisa bangkit lagi,” terang Munashir.

Selanjutnya Munashir juga berjanji bahwa pihaknya akan terus menjadikan Warung Sawahan Asinan sebagai wilayah binaan BAZNAS Kabupaten Semarang, yang keberadaannya akan selalu dipantau dan didampingi.

“Meski jumlahnya belumlah seberapa, semoga pemilik lapak bisa terbantu dan bisa mengangkat pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Asinan ini. Syukur-syukur keberadaanya sebagai desa wisata juga diketahui oleh masyarakat luas di Kabupaten Semarang,” imbuhnya.

Sementara itu ketua paguyuban Warung Sawahan Desa Asinan, Slamet Jarot menyampaikan bahwa keberadaan Warung Sawahan sejatinya sudah berjalan sejak tahun lalu. Namun karena kurangnya publikasi dan dukungan dari berbagai pihak, hingga saat ini Warung Sawahan baru dikenal oleh masyarakat sekitar desa Asinan saja.

“Selama pandemi warga hanya di rumah saja. Karenanya, kami membuat terobosan Warung Sawahan ini agar ibu-ibu bisa mempunyai aktivitas tambahan di luar rumah dan tidak menimbulkan masalah sosial,” jelas Slamet Jarot.

Turut hadir menyaksikan persmian, ketua II BAZNAS Jawa Tengah Sholihul Huda, Camat Bawen Gunadi, Kades Asinan Turchamun Jiarto, Penyelenggara Zakat Wakaf Kankemenag Kab. Semarang, Murtadho Yusuf, serta segenap tokoh masyarakat dan tokoh Agama Desa Asinan.(shl/Sua)