Webinar Nasional Pola Hidup Sehat Melalui Gizi Optimal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung mengikuti kegiatan webinar pola hidup sehat melalui gizi optimal sebagai investasi jangka panjang yang diselenggarakan oleh pengurus DWP Kementerian Agama RI.  Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menghadirkan dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, Selasa (22/2).

Dalam sambutannya, Ketua DWP Kemenag RI Hj. Farikhah Nizar Ali mengapresiasi atas partisipasi jajaran DWP baik di pusat dan daerah yang telah mengikuti kegiatan dengan baik. 
“Terus berinovasi dalam bekerja dan berkhidmat untuk masyarakat. Webinar ini sangat penting sebagai ikhtiar untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh kita, memelihara imunitas dan kebugaran tubuh kita,” ujarnya. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang sudah berkenan berbagi ilmu dan pengetahuan kepada kami. Setiap manusia menghendaki kehidupan yang sehat. Oleh karena itu kita harus mengetahui cara hidup sehat termasuk dalam mengkonsumsi makanan setiap hari. Oleh karena itu kita simak dan aplikasikan dalam kehidupan di tengah keluarga,” imbuhnya. 
Senada dengan Ketua DWP Kemenag RI, penasehat DWP Kemenag RI, Eny Retno Yaqut dalam arahannya mengatakan pola hidup sehat sudah seharusnya kita lakukan, karena dengan tubuh yang sehat kita bisa melaksanakan berbagai aktivitas dengan baik. 

“Pola makan, pola aktivitas, pola istirahat semua harus kita pelajari dengan baik. Gizi optimal dapat dilihat dari asupan yang kita makan. Sehingga akhirnya memberikan imunitas yang baik bagi tubuh kita. Tidak boleh kita memandang remeh tentang pemenuhan gizi karena sangat berpengaruh pada kondisi tubuh kita. Dengan webinar ini semoga kita mendapat berbagai informasi yang dibutuhkan,” harapnya. 

“Penting juga membentuk pola hidup sehat ke anak-anak kita sehingga berpengaruh sampai dewasa. Hadist Nabi riwayat Tirmidzi, Rasulullah pernah berujar yang maknanya barang siapa yang bangun dalam keadaan sehat, maka dia telah memiliki kenikmatan paling baik di dunia,” tegasnya. 
Sementara itu, dr. Putri Sakti Dwi Permanasari dalam materinya mengatakan ada 4 pilar imunitas agar kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar, yakni menutrisi tubuh dengan asupan yang baik, aktivitas fisik dengan bekerja secara fisik dan olahraga yang teratur, mengatur pola istirahat dan tidur dengan baik, hidup dengan positif dan bahagia.

“Dengan 4 pilar ini imunitas kita akan terjaga untuk jangka panjang. Gaya hidup sangat berpengaruh. Komposisi seperti kalori berlebih atau berkurang, akan sangat berpengaruh pada diri kita. Kita harus sadar bukan hanya makanan saja, tapi harus dilihat nutrisi yang kita makan,” pesannya. 
Sang dokter menambahkan kondisi obesitas pada seseorang akan meningkatkan risiko berbagai radang, akan mudah terpapar infeksi dan orang obesitas penyembuhan penyakit akan lebih lama. Cara mengetahui obesitas bisa dilakukan dengan menngukur lingkar perut yang tidak ideal, karena bisa jadi berat badan ideal tetapi terdiagnosa obesitas sentral.  Sementara untuk penyajian makanan yang sehat bagi keluarga, diperlukan makanan sehat 4J, yakni jenis yang baik, jumlah yang cukup, jadwal mengkonsumsi makanan yang teratur dan jurus memasak yang memperhitungkan jumlah kalori asupan, urainya.(sr/rf)