WISUDA 106 TILAWAH TAHFIDZ SD MUH PK

Surakarta – Menyikapi masa pandemi yang belum kunjung berakhir, SD Muhammadiyah Program Khusus (SD Muh.PK) Kota Barat Surakarta terus berupaya melakukan pengembangan dan inovasi. Pengembangan dilakukan di berbagai lini, tak terkecuali di bidang Pendidikan Agama Islam ( PAI ). Membuktikan eksistensi pengembangan, PAI SD Muh PK menggelar Wisuda Tilawah dan Tahfidz dengan mengangkat tema “MENYIAPKAN GENERASI QUR’ANI DI MASA PANDEMI” (05/02).

Kegiatan yang dilaksanakan di Megaland Hotel tersebut diikuti kurang lebih 106 siswa-siswi SD Muh PK yang terdiri dari 53 wisuda tilawah dan 53 wisuda tahfidz juz 27,28, 29 dan 30.
Nur Salam, Kepala SD Muh PK dalam sambutannya menyampaikan bahwa wisuda ini adalah wisuda offline perdana setelah sebelumnya wisuda tilawah dan tahfidz dilakukan secara virtual. “Tujuan wisuda tilawah dan tahfidz ini adalah untuk membentuk komunitas yang cinta Al Qur’an sesuai dengan visi misi SD Muh.PK yang hendak mewujudkan generasi ULUL ALBAB yang cerdas,terampil mencintai Al Qur’an,mempelajari dan mengamalkannya,” terang Nur Salam. Lebih jauh Nur Salam mengungkapkan bahwa dalam upaya pengembangan Pendidikan Agama Islam di SD Muh.PK dan untuk mempermudah mempelajari Al Qur’an maka digunakan buku pendamping. “Ada 2 buku pendamping yaitu Buku Tilawah untuk memperkenalkan huruf-huruf Al Qur’an dan Buku Tajdid untuk mempelajari ilmu tajwid yakni cara membaca Al Qur’an yang benar sesuai kaidah-kaidahnya,”tegasnya.

Sementara itu, Pengawas PAI Kemenag Kota Surakarta Sumiyati berkenan hadir dan menyampaikan apresiasi setinggi -tingginya atas prestasi pengembangan Pendidikan Agama Islam di SD Muh.PK. Ia menilai bahwa SD Muh PK dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dengan inovasi-inovasi walaupun di masa pandemi. “Kami berharap Bapak Ibu wali murid terus mendukung program – program pengembangan PAI di SD Muh.PK dengan mendampingi anak untuk murojaah Al Qur’an di rumah, semakin anak banyak hafalannya maka anak akan semakin cerdas,” ucap Sumiyati.

Kegiatan prosesi wisuda diawali dengan tampilan anak-anak yang akan diwisuda tilawah dengan membacakan QS. Al Baqarah. Selanjutnya ditampilkan hafalan surah At Thariq dan Al Qiyamah dengan lagu nahawan bagi wisudawan juz 30 dan juz 29,28 dan 27.

Pengawas PAI, Sumiyati menyampaikan sambutan dalam kegiatan Wisuda SD Muh PK

Mengakhiri prosesi wisuda dibagikan hadiah-hadiah sebagai wujud penghargaan untuk beberapa kategori. Diantaranya ; Siswa Tercepat Hafalan, Siswa Bersaudara dalam menghafal Al Qur’an dan Siswa Tersemangat dalam menghafal Al Qur’an. Hadirin juga diperdengarkan lagu syahdu berjudul “Aku Ingin Jadi Hafidz Qur’an” yang disenandungkan oleh para peserta wisuda. Suasana haru seketika tercipta kala para wisudawan memberikan hadiah mahkota kepada orang tuanya masing-masing, untuk menunjukkan darma baktinya. (myt/my/bd)