ADAPTASI DIGITALISASI APSI

Surakarta – Sebagai bentuk upaya adaptasi digitalisasi para Pengawas Sekolah yang tergabung dalam organisasi Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Surakarta menggelar kegiatan Workshop Digitalisasi Kepengawasan Sekolah yang diikuti seluruh pengawas Dinas Pendidikan maupun pengawas Kemenag Kota Surakarta di gedung Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Surakarta ( 10/3). Kepala Kemenag Kota Surakarta yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Ahmad Arifin mengawali sambutannya dengan mengajak para pengawas untuk adaptasi digitalisasi.
“Di era digitalisasi ini pengawas dituntut untuk adaptasi digitalisasi dalam semua bidang,” ucap Arifin.
Adaptasi digitalisasi yang dimaksud adalah terkait inovasi digitalisasi dalam supervisi pembelajaran, karya-karya ilmiah maupun pengembangan diri.
Arifin juga menyampaikan pesan Kepala Kemenag Kota Surakarta kepada para pengawas untuk mempubliskan karya-karyanya. “Publikasi ilmiah hendaknya dapat dijadikan target para pengawas dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di bidang kepengawasan,” imbuh Arifin. Sebelum kegiatan workshop dimulai para pengawas mangayu bagyo purna tugas Ibu Ety Retnowati Kepala Dinas Pendidikan yang tengah memasuki masa pensiun. Ety berpesan bahwa pengawas harus terus mengawal proses pendidikan khususnya di Kota Surakarta agar mutu pendidikan terus meningkat dan mampu menyesuaikan perkembangan jaman.
Workshop digitalisasi kepengawasan diisi oleh Pangarso pengawas SMK Kota Surakarta yang saat ini menjabat sebagai ketua APSI Propinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini mengupas cara-cara menggunakan aplilasi supervisi kepengawas yang bisa diakses melalui hp android.( myt/my/bd)