Animo Peserta Seleksi PPDB MTsN Surakarta 1

Surakarta- MTsN 1 Surakarta mengadakan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Program Sains dan Tahfidz pada Ahad, (13/3/2022) di gedung 1. Empat ratusan peserta mengikuti kegiatan ini secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Pendaftaran digelar pada tanggal 2-9 Maret 2022 secara daring. Adapun cara mendaftar dengan membuka web MTsN Surakarta 1 menggunakan link https//ppdb.mtsn1surakarta.sch.id. Berkas yang harus diunggah oleh pendaftar yaitu rapor kelas 4,5 ,dan 6 ditambah pas foto 3×4 dan piagam kejuaraan baik akademik maupun nonakademik bagi yang memiliki (minimal tingkat kabupaten/kota),” jelas Edi Hartanto, Ketua PPDB

 Seleksi PPDB dilaksanakan dengan 2 sesi mengingat saat ini masih masa pandemi agar tidak terjadi kerumunan. Sesi pertama pukul 07.30 – 11.00 dan sesi kedua pukul 13.00 – 16.30. Materi yang diujikan dalam tes akademik  meliputi mapel Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Selain itu juga ada tes Baca Tulis Alquran (BTA)  dan tes Maqro (untuk Program Tahfidz).  “Alhamdulillah kegiatan tes seleksi hari ini berjalan lancar. Peserta seleksi mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, cek suhu badan, dan mencuci tangan. Pada waktu pelaksanaan tes di dalam ruangan juga tetap menjaga jarak,” papar Joko Susilo, Panitia PPDB. Joko juga berharap dengan pelaksanaan seleksi yang tertib dan baik ini, akan dapt menjaring siswa yang benar-benar sesuai dengan kriteria penilaian yang diharapkan. “Kuota penerimaan peserta didik untuk tahun ini 184 orang dengan rincian untuk 24 peserta didik untuk program Tahfidz, 48 untuk program Sains Asrama, dan 112 untuk program Sains Non Asrama yang akan diumumkan pada 16 Maret 2022,” tambah Joko.

 “Kualitas pembelajaran yang bagus, lingkungan pendidikan yang islami, dan prestasi akademik dan nonakademik yang tidak diragukan lagi,” tutur Sri Haryati, Wali murid peserta seleksi. Sri Haryati menyampaikan bahwa keinginan bersekolah di MTsN Surakarta 1 merupakan cita-cita putrinya sejak kelas 5 SD. “Saya sangat berharap putri saya dapat diterima di MTsN Surakarta 1. Alhamdulillah tadi bisa ngerjain tes akademiknya. Kalau BTA nya, insyaa Allah sih,” tutur Nirmala Nurshinta Devi, Peserta Seleksi dari SDN 16 Mangkubumen Kidul. Nirmala juga menyampaikan hal lain yang membuatnya terobsesi untuk masuk MTsN Surakarta 1 adalah capaian prestasinya. “Prestasi MTsN Surakarta 1 hebat-hebat. Di berbagai cabang lomba selalu jadi juara. Bahkan kakak kelas SD saya yang sudah sekolah di sini juga jadi juara. Selain itu kakak saya juga  bersekolah di sini,” tambah Nirmala. Tim majalah Mutiara MTsN Surakarta 1 yang berhasil mewawancarai beberapa peserta seleksi, rata-rata mereka mempunyai jawaban yang sama, ketika ditanya perihal motivasi mereka masuk MTsN Surakarta 1 yaitu karena prestasinya.

Bismillah, semoga seleksi PPDB tahun ini memberikan hasil yang terbaik untuk madrasah. Semoga peserta didik yang diterima lebih baik lagi baik dari segi akademik maupun nonakademik. Semua talenta peserta didik yang diterima akan kita bina, kembangkan, dan dampingi agar lebih baik lagi dan dapat juara di tingkat provinsi atau nasional bahkan internasional,” harap Nurul Qomariyah, Kamad. “Semoga semakin hari prestasi MTsN Surakarta 1 semakin terdepan. Semakin hebat bermartabat. Semakin mandiri dan berprestasi, “tambah Nurul.

               Banyak harapan dan doa di dalam pelaksanaan seleksi ini. Meskipun pandemi masih melanda tidak menyurutkan semangat segenap civitas akademika MTsN Surakarta 1 untuk mendapatkan peserta didik yang berkualitas. Komitmen untuk mendampingi dan membimbing peserta didik yang berbakat tak perlu diragukan lagi. Semangat juara dari madrasahnya para juara. (Tim Mutiara/ Diana/bd)