Apel Penghormatan Bendera dan Doa, ASN Diminta Kembangkan Talenta Digital

Kendal- Apel penghormatan bendera merah putih dan doa rutin dilaksanakan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal setiap tanggal 17 bulan berjalan, dengan mengenakan pakaian dinas pada hari itu. Bertindak sebagai pembina apel, Kepala Kantor Kementerian agama Kabupaten Kendal menyampaikan pentingnya ASN mengembangkan talenta dalam menguasai dunia digital, Kamis (17/3).

Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2020 mendefinisikan manajemen talenta sebagai suatu sistem manajemen karir ASN yang meliputi tahapan akuisisi, pengembangan, retensi dan penempatan talenta yang diutamakan untuk mengisi posisi jabatan berdasarkan tingkat potensi dan kinerja tertinggi yang dilaksanakan secara efektif untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka akselerasi pembangunan nasional.

“Talenta itu bukan sesuatu yang tanpa di asah, tetapi sangat perlu di asah untuk dapat fokus menghasilkan kinerja yang maksimal. Setiap ASN pasti memiliki kelebihan baik secara skill maupun talenta masing-masing, jika dikolaborasikan dalam bentuk team work akan menghasilkan suatu capaian kinerja yang baik,” terang Mahrus.

Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik. Salah satu strategi yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas pegawai ASN yaitu melalui manajemen talenta.

Mahrus menambahkan, ASN yang multitalent yakni inspiratif dalam menciptakan inovasi layanan, berwawasan luas melalui khasanah literasi, memiliki jejaring yang luas. Selanjutnya talenta itu harus dikembangkan pada penguasaan digital talent.

“Jaman sekarang ASN harus bisa bersosialisasi di dunia maya dengan menguasai etika digital yang mengedepankan sopan santun dalam penyampaian informasi, mengingat peran kita di dunia maya akan dilihat sebagai citra diri di dunia nyata. Jadi kita harus berhati hati dalam bersosial media,” imbuhnya.

Apel penghormatan bendera merah mutih dan doa bersama merupakan langkah bijak memperkokoh sikap kesadaran cinta tanah air dan mewujudkan nilai nilai religius di lingkungan kerja. (bel/rf)